Ini Kiat – Kiat Mencari Barang Kecilmu Yang Sering Hilang!

Penulis: Deli Annisa Virca*

Assalamualaikum sahabat santri yang selalu di hati. Bagaimana nih kabarnya? Semoga baik ya. Sahabat, kali ini saya akan membahas tips untuk mencari benda kecil yang sering terselip.

Pasti tidak jarang kan kita kehilangan benda – benda penting yang berukuran kecil seperti kunci, potong kuku, kucir rambut, cincin, sisir dan lain sebagainya. Tentu kita sangat merasa resah akan hilangnya benda tersebut, terlebih ketika kita dalam keadaan tergesa – gesa. Untuk itu mari simak tips berikut untuk memudahkan kita dalam pencarian.

(Baca juga: Tips Mencegah dan Menagani Mata Minus)

Pertama, sahabat harus bisa mengondisikan diri dalam keadaan tenang. Karena jika sahabat berada dalam keadaan terburu dan tidak sabar. Bisa saja sahabat melewatkan salah satu posisi yang mungkin terdapat benda yang sahabat cari. Jadi harus tenang dan sabar ya sahabat.

Kedua, coba sahabat ingat kembali mulai kapan dan dimana sahabat kehilangan benda tersebut. Kemudian ingat kembali peristiwa yang sahabat alami beberapa waktu lalu. Dimana sajakah tempat – tempat yang telah sahabat lalui.

(Baca juga: Tips Hemat Ala Santri)

Ketiga, mulailah mencari! datangi kembali dan teliti satu persatu sisi dari tempat yang telah sahabat kunjungi. Ingat ya sahabat, harus mencari dengan sabar dan harus teliti. Sahabat perlu menghindari mencari di tempat yang sama berulang kali, karena itu akan membuang waktu sahabat. Ingat juga kebiasaan sahabat meletakkan benda – benda kecil.

Keempat, jangan sungkan juga untuk bertanya kepada orang – orang  yang pada hari itu berinteraksi dengan sahabat, atau orang – orang yang ada di sekeliling sahabat. Perluas juga tempat pencarian, mungkin sahabat tidak hanya berdiam di tempat tersebut, mungkin juga mengunjungi rumah tetangga, suatu pertokoan dan tempat lainnya.

Kelima, sahabat harus yakin dan percaya bahwa benda tersebut dapat ditemukan. Yang terpenting adalah berdo’a. Karena dengan berdo’a insyaAllah usaha kita akan dipermudah.

Nah, itu dia tips singkat dan mudah dari saya semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post