Juara 3 Futsal Se-Besuki Raya dan Lumajang, Geliat Prestasi Olahraga Santri Nuris

Manfaatkan Sarana GOR Hibah Kemenpora, Santri Nuris Genjot Prestasi Bidang Olahraga Futsal

Pesantren Nuris – Prestasi lembaga di Yayasan Nurul Islam Antirogo Jember sangat bervariasi, tidak terbatas bidang akademik, seni, dan Alquran, tetapi juga di bidang olahraga. Terbukti, tim futsal MA Unggulan Nuris yang digawangi oleh M. Fadil Hamzah, siswa kelas XII PK 2, mampu merebut juara 3 JMF Cup 2019 tingkat pelajar se-Besuki Raya dan Lumajang (02/10/2019).

Lomba yang berlangsung di lapangan Futsal JMF, Wuluhan, Jmeber diikuti oleh sekitar 30 tim. Pertandingan tersebut digelar selama sepekan dengan sistem gugur. Dengan melewati beberapa tim, akhirnya tim futsal MA Unggulan Nuris mampu masuk fase perebutan juara ketiga melawan MA Wahid Hasyim, Balung Jember.

Mereka mampu mempecundangi lawan dengan skor tipis yakni, 5-4. Dengan kemenangan ini, mereka berhak mendapat tropi juara ketiga, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp750.000,00. “Akhirnya kami bisa menang di lomba futsal ini, sebelumnya ada beberap lomba yang kami ikuti tapi selalu gagal di babak 8 besar.” Ungkap Fadil, kapten tim.

(baca juga: Membanggakan, MA Unggulan Nuris Borong Juara di Ajang Porseni tingkat Kabupaten 2019)

“Kami membuktikan bahwa santri punya prestasi di bidang olahraga. Kami memanfaatkan lapangan GOR yang ada dengan pembinaan ekstrakurikuler yang rutin. Meski tidak sebebas sekolah yang tidak berbasis pesantren, tetapi kami yakin berkat kerja keras bisa bersaing dengan tim futsal lainnya.” Imbuhnya.

Ali Hasan, selaku pembina ekskul futsal Nuris menyatakan, “Santri Nuris selalu punya bakat di bidang olahraga futsal. Alhamdulillah tiap tahun selalu ada prestasi yang mampu mereka raih. Tahun lalu siswa SMK Nuris Jember meraih juara 2 tingkat provinsi di UNEJ. Kali ini bakat futsal yang menonjol dari MA Unggulan Nuris.”

(baca juga: Siswa MA Unggulan Nuris Ikuti Penyuluhan Pelestarian Bunga Anggrek)

Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember selaku pengelola manajemen ekskul di Yayasan Nurul Islam Antirogo Jember selalu berupaya dalam meningkatkan penggemblengan bakat dan minat siswanya. Semua itu mulai dari penyediaan sarana yang representatif, jadwal pembinaan yang sistematis, hingga sosok pembina yang professional sesuai bidangnya.

Mila Karmila, Kasi Seksi Penjamin Mutu Siswa menyebutkan, “Ada lebih dari 70 ekskul yang kami kelola mulai ekskul sains, nonsains, dan bahasa. Harapannya ekskul tersebut mampu mengakomodir bakat dan minat siswa. Selain sebagai wahana bakat minat, ekskul juga dapat membidik siswa untuk mendulang prestasi.”[AF.Red]    

Related Post