Keren! Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara 2 Olimpiade Akuntansi Tingkat Jawa Timur

Tak Hanya Bidang Sains, Bidang Ekonomi pun Dikuasai Oleh Siswa SMA Nuris Jember

Pesantren Nuris- SMA Nuris Jember merupakan sekolah menengah atas yang mengusung bidang IPA dan IPS yang menjadi program unggulannya. Pada 16 November 2019 lalu dua siswa SMA Nuris Jember mengikuti lomba olimpiade akuntansi tingkat Jatim di STIE Asia Malang, mereka adalah Riska Maratus Sholehah dan Melisa Natul Khoiriyah dari kelas XII IPS 1.

(Baca juga: Berada Di Pinggir Kota Prestasi SMA Nuris Jember Hingga Tingkat Nasional)

Lomba olimpiade ini terdiri dari 5 babak, yakni babak penyisihan, semifinal 1,2,3 dan babak final. Pada babak penyisihan dilaksanakan secara online pada (16/11/19) yaitu peserta diminta untuk mengerjakan 100 soal akuntansi dan ekonomi.

Dari babak penyisihan peserta diambil 100 besar untuk masuk ke babak semifinal 1, yakni sebanyak SMK 60 tim, SMA/MA 40 tim se Jatim. Di babak semifinal 1 dilaksanakan di STIE Asia Malang, peserta mengerjakan 30 soal tentang akuntansi. Lanjut ke babak semifinal 2, peserta diambil 40 besar, yakni SMK 20 tim, MA/SMA 20 tim.

Pada babak Semifinal 2 peserta diminta untuk cerdas cermat.  Ada empat sesi, setiap sesi ada 5 tim. Soal bergilir per tim, babak rebutan/Adu cepat. Kemudian peserta diambil 3 tim dari setiap sesi, dan totalnya ada 3 tim yang masuk semifinal 3.

Di babak semifinal 3 juga dilaksanakan model cerdas cermat, peserta  diberi 15 soal adu cepat. Dan diambil 6 tim untuk menuju ke babak final.

Pada babak final juga menggunakan model cerdas cermat, peserta dipersilahkan untuk memilih soal dari 18 soal pilihan.

(Baca juga: Lagi Tim KTI SMA Nuris Jember Raih Juara 3 KIR Kesehatan Tingkat Jawa Bali)

Tim dari SMA Nuris Jember berhasil melewati babak demi babak hingga masuk ke babak final dan meraih juara 2 olimpiade akuntansi tingkat Jatim, mengalahkan ratusan tim lain dari berbagai sekolah tingkat menengah atas di Jatim.

“Tentu saja setiap keberhasilan, ada usaha keras dibaliknya. Setiap melakukan sesuatu harus berdoa, usaha, banyak latihan soal, banyak baca teori, dan rajin mengikuti peminatan seminggu tiga kali. Saya juga termotivasi dari kata-kata guru saya, karena ekonomi sudah lama tidak mendapat juara, hal itu membuat saya semangat dan berusaha untuk menunjukkan bahwa anak IPS itu juga bisa juara,” ujar Riska Maratus Sholehah.

“Saya merasa senang karena baru pertama kali lomba keluar kota dan lolos sampai mendapat juara, dan tentu saja dapat pengalaman baru, teman baru. Harapan kedepannya bisa lebih baik lagi, mudah-mudahan bisa mengikuti lomba lagi dan mendapat juara 1, dan semoga nantinya saya bisa lulus dan diterima di jurusan perpajakan Unej,” tambah Melisa Natul Khoiriyah. [Red.Dev]

Related Post