Final Lomba MQK: Asah Kecerdasan dan Ketangkasan para Santri

Kitab Fathul Qorib Menjadi Pilihan Dalam Lomba MQK

Pesantren Nuris- Untuk menindak lanjuti lomba bulan yang lalu, MPKiS (Madrasah Pengembangan Kitab Santri) adakan lomba final cabang MQK (Musabaqah Qiraatul Kitab) yaitu lomba baca kitab fathul qarib, taqrib dan jurumiyah. (23/11/19) dimasjid Baitun Nur Nuris Jember.

Peserta adalah anak yang lolos pada seleksi lomba yang lalu, tecatat ada tiga putra dan putri untuk Fathul Qarib, tiga putra dan empat putri untuk yang terakhir tiga putra dan empat putri untuk jurumiyah.

(Baca juga: Coba ikuti lomba baca kitab siswa MTs Unggulan Nuris raih piala provinsi)

Dewan juri yakni Fathoni dan Robith, selaku dewan pengajar MPKiS. Pada babak final ini para santri akan diuji ketangkasannya, ada tiga tahap penilaian yaitu membaca, menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari juri. Penilaian ini sama dengan lomba yang lalu, perbedaannya hanya dipemilihan bab, jika yang bulan lalu memilih sendiri, untuk yang sekarang diundi.

Acara ini diadakan dengan maksud mengajak para santri untuk tambah mencintai kitab dan menambah minat santri untuk terus belajar membaca kitab. Untuk pengumuman lombanya pada tanggal 12 Desember dan pembagian hadiah pada tanggal 13 November.

(Baca juga: Pekan kreativitas dan bakat siswa ajang siswa Nuris tunjukkan talenta)

“Untuk kedepannya saya harap para santri tambah giat untuk belajar membaca kitab dan untuk yang juara kemungkian bisa kami kirim lomba keluar untuk dilombakan dengan pesantren lain” ujar Fathoni selaku juri lomba MQK.

Noer Zulfa Jauhariyah selaku peserta berkomentar bahwa lomba seperti ini akan dapat mengembangkan bakat santri dalam membaca kitab, dan saya sebagai peserta juga sangat senang dengan diadakannya lomba ini, kalau menang saya akan sangat senang karena bisa membahagiakan orang tua. [Red.Gibran]

Related Post