Tenarkan Indonesia Melalui Seni Budaya

Penulis: Muhammad Qorib Hamdani*

“Budaya dan tradisi” jika kamu mendengar kata ini, apa yang kamu pikirkan? Apakah berupa tarian atau semacamnya? Atau mungkin peninggalan manusia terdahulu? Negeri kita Indonesia banyak memiliki berbagai macam budaya dan tradisi yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan seni. S

ejak masa phaleolitikum atau zaman batu sudah banyak sekali karya seni rupa yang dibuatnya seperti kapak batu. Seiring berkembangnya zaman para manusia terdahulu menciptakan karya seni lukis pada dinding gua yang berupa hewan, seperti menggambar rusa, babi hutan, dan masih banyak lagi. Hal itu menjadi bukti konkret yang mengatakan bahwa ilmu seni ikut pada perkembangan zaman yang semakin pesat dan maju.

(Baca juga: Si Merah Yang Bermanfaat)

Memang seni diciptakan pada masa terdahulu yaitu masa phaleolitikum tapi menurut peneliti tentang seni, hasil tersebut tidak pasti menunjukkan kapan pertama kali diciptakannya seni pada dinding gua terdahulu. Akan tetapi sudah ada sejak-sejak seni yang dibuatnya pada msa terdahulu.

Tentang seni banyak sekali fungsi yang memilki peran penting dalam keseharian manusia, contohnya meja, kursi, dan lain-lain. Dan juga membantu mempererat sistem sosial manusia dan bangsa seperti memajang karyanya pada medsos atau dipilih untuk dipajang pada museum seni negara.

Hal itu menjadi andil untuk negara Indonesia agar lebih terkenal dalam ajang seni internasional. Dahulu kala hanya ada beberapa seni budaya dan tradisi yang ada di Indonesia, namun lambat laun mulai banyak bermunculan. Budaya dan tradisi itu digagas oleh manusia terdahulu dan diwariskan kepada para pemuda bangsa kita, guna untuk melesatarikan dan menyelaraskan perbedaan di Indonesia.

Oleh karena itu kita sebagai pemuda Indonesia harus melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh para pendahulu. Jika budaya dan tradisi tidak dilestarikan atau dibiarkan begitu saja, maka hal itu akan menjadi kenangan oleh anak kita kela, dan juga agar tidak hilang dari muka bumi.

Jika manusia untuk kedepannya tidak melestarikan budaya murni negeri apakah yang akan terjadi? Mungkin dua atau empat tahun masih ada, lalu bagaimana dengan puluhan tahun kedepannya akankah masih ada yang melestarikannya.

Suatu bangsa dapat dikenal oleh bangsa lain karena dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah karya seni rupa yang ada dalam bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia juga dapat diketahui oleh bangsa lain karena kesenian Indonesia yang masih murni dan tradisional, seperti karya seni tari . banyak para turis yang datang ke Bali atau Yogyakarta, untuk melihat seni tarinya yang indah dan memukau untuk dinikmatinya.

(Baca juga: Filosofi Payung)

Memajukan bangsa juga bisa kita lakukan dengan cara menonjolkan dari budayanya, salah satu diantaranya adalah karya seni. Pamuda-pemudi Indonesia banyak menciptakan berbagai karya seni kreatif dan inovatif. Contoh nayatanya adalah seorang arsitek di Indonesia sekarang yang tidak kalah dengan para arsitek luar negeri.

Hasil karyanya yang kreatif dapat dimanfaatkan untuk memajukan suatu bangsa dengan menciptakan gedung-gedung yang unik. Semakin unik karya yang diabuatnya maka semakin tinggi nilanya pada di mata dunia. Bukan hanya arsitek saja, tetapi desainer kita juga berhasil membaut karyanya sudah dikenal hingga kemanca negara.

Selain tari tradisi, di Bali juga ada bebrapa tarian yang dikombinasikan dengan tari modern, karen seni selalu mengikuti arus teknologi agar menjadi berbeda dan juga dinamis sehingga Indonesia bisa lebih terkenal dari segi seni. Karen itu memajukan bangsa tidak hanya menonjolkan dari seni teknologi akan tetapi seni juga bisa bermain dalam ajang internasional.

Kebanyakan negara yang maju cenderung dalam hal menciptakan berbagai inovasi teknologi seperti robot pintar dan lain-lain. Tentu saja negara berkembang kalah dengan negara maju jika para penduduknya lebih memilki konsumtif darpada produktif.

Saat ini perkembangan gelombang teknologi sangat pesat. Di tengah-tengah gencarnya teknologi inilah para seniman semakin leluasa untuk berkarya menjadi lebih banyak lagi tentang seni.

Para seniman tidak hanya menciptakan seni rupa di ruang terbuka, akan tetapi di ruang tertutup pun juga bisa menjadi tempat berkarya, apalagi tentang objek yang akan dilukisnya, manusia disekitarnya pun bisa menjadi tempat berkarya, apalagi tentang objek yamg akan dilukisnya, manusia disekitarnya pun bisa menjadi tempat untuk berkreasi. Dan juga para seniman lebih mudah dalam memajang karyanya dan juga bisa menunjukkan kemampuannya pada dunia.

Biasanya para seniman memerlukan media seperti kanvas, alat gambar, dan juga cat air. Akan tetapi dengan teknologi yang canggih, para seniman bisa berkarya di laptop atau komputer dengan aplikasi yang sudah berupa paint.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK A MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post