Misteri 1/3 Malam Dalam Kaca Mata Kesehatan dan Religius

Penulis: Muhammad Qorib hamdani*

Sholat tahajjud adalah sholat sunnah yang banyak dilakukan oleh umat islam karena keistimewaan waktu dan manfaatnya yang banyak dicari. Mengapa demikian? Karena sholat tajjaud dilakukan pada saat tengah malam, dan waktu malam adalah waktu yang istijabah (cepat dikabulkan). Ibadah yang satu ini termasuk sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan oleh syara’, dan paling sedikit dikerjakan dengan dua ralaat, adapun paling ¬†banyaknya adalah tak terbatas.

(Baca juga: Filosofi Air)

Disini penulis ingin memaparkan sebuah misteri yang terkandung dalam sholat tahajjud. Ditinjau dalam kaca mata kesehatan dan pengevaluasian religius, ada banyak yang terkandung dalam tahajjud ini. Apa saja yang terkandung dalam sholat tahajjud tersebut? Apakah bisa dilakukan untuk menghilangkan penyakit? Yuk, pelajari selengkapnya di bawah ini.

Pertama, mengangkat derajat. Hal ini sudah diterangkan dalam al-Quran surat al-Isra’ ayat 79 yang berbunyi, “dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajjud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Kedua, waktu yang cepat dikabulkan. Apabila seorang ingin meminta sesuatu kepada allah agar cepat dikabulkan oerbanyaklah sholat tahajjud, karena sholat tahajjud disini merupakan ibadah yang cepat untuk dikabulkan oleh allah, karena waktunya yang dikerjakan peetengahan malam.

(Baca juga: Tenarkan Indonesia Melalui Seni Budaya)

Ketiga, menghapus dan pencegah dosa. Keistimewaan tahajjud diberikan kepada orang yang mau dan mampu untuk mengerjakannya. Salah satunya keistimewan tersebut adalah dapat menghapus dosa dari apa apa yangtelah kita perbuat. Setiap malamnya kita selalu mengingat allah sehingga kita merasa diawasi oleh allah, dan hal itu bisa mencegah kita dari perilaku yang berujung dosa.

Keempat, terhindar dari infeksi pernafasan. Mengerjalan sholat tahajjud bukan bisa kita peroleh hanya dari sudut religius, tetapi juga dalam kaca mata kesehatan, yaitu terhindar dari infeksi pernafasan. Mengapa demikian, karena sholat tahajjud juga merupakan terapi yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi pernafasan.

Kelima, melancarkan frekuensi darah. Dalam sudut pandang kesehatan tahajjud selain untuk menghindari infeksi pernafasan, sholat tahajjud juga dapat melancarkan aliran darah tubuh. Sholat tahajjud sangat diutamakan mengerjakan pada 1/3 malam, yaitu sekitar pukul 3 pagi, nah disaat itulah udara yang belum tercemar dapat menyehatkan paru-paru dan melancarkan peredaran darah.

Itulah sekilas manfaat sholat tahajjud yang bisa anda coba. Dengan mengetahui manfaat sholat tahajjud dari segi kesehatan dan religius, umat muslim dapat memacu lebih giat lagi untuk berlomba-lomba dalam mengerjakan sholat tahajjud. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, yuk sholat tahajjud!

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post