SMA Nuris Jember, Persiapkan Siswa Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri

SMA Nuris Jember Adakan Sosialisasi Pemilihan PTN Bagi Siswa dan Wali Santri

Pesantren Nuris- Sosialisasi  Pemilihan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) untuk wali santri dan siswa kelas XII SMA Nuris Jember dilaksanakan pada 11 Januari 2020 di Masjid Baitun Nur. Acara ini merupakan agenda tahunan lembaga khususnya tingkat atas untuk memberikan informasi terkait dengan perguruan tinggi negeri yang nantinya akan menjadi tujuan siswa setelah lulus dari SMA Nuris Jember.

Acara dibuka oleh Arina Ma’rifatus dari kelas XI IPA SMA Nuris Jember selaku pembawa acara pada pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua BPF Arifiatun S.Pd, dan Ibti Ula Tari, S.Pd selaku guru bimbingan dan konseling, pada kesempatan kali ini acara sosialisasi juga mendatangkan perwakilan dari IMAN (Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris) yakni Rofiki Fahim dan Ahmad Irwan A.

Pada sambutannya Ibti Ula Tari, S.Pd selaku guru bimbingan dan konseling SMA Nuris Jember, menjelaskan tentang pentingnya kuliah di era globalisasi seperti sekarang ini, karena persaingan dunia kerja sudah sangat ketat, selain itu beliau juga menyampaikan tentang jalur-jalur untuk masuk ke universitas negeri di Indonesia, ada banyak sekali jalur yang dapat di tempuh salah satunya jalur undangan.

Jalur undangan ada tiga hal pertama, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), kedua SPAN PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam Negeri) khusus bagi siswa yang ingin mengambil jurusan keagamaan, ketiga ada PMDK Poltek/ SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri).

(Baca juga: Siswa SMA Nuris Jember Peringati Hari Guru Nasional 2019)

Ketiganya saat ini sudah on going sudah mulai membuka pendaftaran. Oleh karena itu, beliau menghimbau kepada para siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri untuk mempersiapkan segala persyaratan, begitu pula menghimbau kepada para wali murid untuk memberi ridho, memberi restu kepada anak-anaknya untuk melanjutkan ke PTN yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan anak-anaknya.

“Kami akan bantu bapak-ibu, kami selalu ada untuk membantu anak-anak apalagi yang kurang mampu dalam segi finansial, kami akan bantu mereka untuk mendapat beasiswa,” ujarnya.

Pengurus IMAN, Rofiqi Fahim menambahkan bahwasannya ia dan teman-teman di IMAN yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga akan membantu proses adik-adik kelasnya ketika nanti sudah diterima di universitas, baik di dalam Jember maupun di luar Jember.

“Kami para alumni Nuris yang tergabung dalam IMAN, sudah memiliki koordinator wilayah di masing-masing kota di Indonesia, oleh karena itu bapak-ibu tidak perlu khawatir jika anaknya diterima di universitas yang jauh dari rumah, karena kami akan ikut membantu dan mengawasi adik-adik kami, mereka tidak akan sendirian karena kami akan menjadi teman dan kakak yang bisa menjadi tempat bertanya juga sharing,” ungkapnya.

(Baca juga: Kabar Gembira Nuris Excellent Camp 2019 SMA Nuris Jember Akan Segera Di Gelar)

Dengan adanya acara sosialisasi ini nantinya diharapkna para wali santri bisa lebih mengerti dan memahami pentingnya melanjutkan keperguruan tinggi, dan bisa memberi kebebasan kepada anak-anaknya untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuannya, selain itu juga memberikan informasi kepada wali santri untuk tidak takut menguliahkan anak, karena biaya maupun jarak yang jauh dari rumah. [Red.Dev]

Related Post