Selamat! Alumni Nuris Resmi Sandang Sarjana Humaniora, dan Siap Lanjut S2

Hasan Barsuni: Jasa Nuris Pada Saya Besar Sekali!

Pesantren Nuris- Kabar gembira datang dari alumni MTs Unggulan Nuris tahun 2012, dan MA Unggulan Nuris tahun 201,  Hasan Barsuni A.R. Ia baru saja menyelesaikan pendidikan S1 nya di IAIN Jember jurusan Bahasa dan Sastra Arab pada 19 Desember 2019 lalu.

Ketika bersekolah di MA Unggulan Nuris Hasan (Panggilan akrab Hasan Barsuni A.R.) pernah aktif di OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah), dan mengambil jurusan IPA. Meski dari jurusan IPA, Hasan beralih jurusan ke Bahasa Arab, hal tersebut ia lakukan karena amanah ayahandanya sebelum wafat, yang mengingginkan anaknya kuliah jurusan Bahasa Sastra Arab. Selain itu menurutnya jurusan tersebut lebih kompleks dan mendalam dibandingkan pendidikan Bahasa Arab yang lebih berfokus pada pembelajaran Bahasa Arab di kelas.

(Baca juga: Keren alumni Nuris Terpilih Menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan)

Akhirnya melalui jalur undangan SPANPTKAIN ia berhasil lolos dan menjadi mahasiswa di IAIN Jember.  Sedang untuk penelitian akhirnya ia meneliti tentang “Tasybih” yang diberi judul  التشبيه في سورة البقرة دراسة وصفية بلاغية

“Jadi Tasybih ini merupakan salah satu bab dari pelajaran ilmu Balaghoh lebih tepatnya di cabang Ilmu Bayan. Tasybih merupakan penggambaran atau permisalan. Saya mengambil objek surat al Baqoroh. Fokus penelitiannya yakni ada berapa gaya uslub taybih, macam “tasybih dan tujuannya di surat al Baqoroh. Penilitan saya ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Simpelnya kajian pustaka,” ujarnya menjelaskan.

Selain kuliah, Hasan juga sibuk mengabdikan dirinya di Pesantren Nuris Jember yang tengah membesarkannya. Ia menjabat sebagai Wakil Kepala (Waka) 2 Kepesantrenan bagian MTs Unggulan Nuris & SMP Nuris Jember dan pembimbing kamar Ibnu Malik, setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Diniyah Tarbiyatul Mubtadiin Nuris Jember.

Meski dengan kesibukan sebagai mahasiswa, pengajar diniah, juga pengurus di Pesantren Nuris, Hasan mengaku tidak pernah merasa keberatan dalam melaksakan tugas-tugasnya. Ia bahkan menikmati setiap amanah yang diembannya, dan bertugas dari hati.

(Baca juga: Alumni Nuris Sukses Berkarier dalam dunia industri di Bali Simak Liputannya)

“Tugas ini memang sesuai kemauan diri sendiri untuk bisa menjalankan keduanya. Memang awalnya agak susah mengatur waktunya, tapi lama-lama jadi terbiasa dan tugas-tugas kuliah tidak terlalu memakan waktu banyak, karena masuknya saja bisa sebentar, beda dengan sekolah jadi ngerjakan antara tugas pondok dan kuliah relatif aman,” jelasnya

“Jasa Nuris pada saya besar sekali, mungkin ini hanya hal kecil yang bisa saya lakukan untuk Nuris, ini tidak ada apa-apanya dibanding jasa Nuris kepada saya,” lanjutnya.

Kedepannya Hasan berencana untuk melanjutkan study S2 nya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di jurusan sastra arab. Semoga cita-cita Hasan tercapai dan bisa terus mengharumkan nama Pesantren Nuris, keluarga, serta menjadi orang yang selalu memberi manfaat kepada sesame amin. [Red.Dev]

Biodata

Nama : Hasan Barsuni A.R, S.Hum
Tempat, tanggal lahir : Makkah, 12 Juni 1997
Lembaga: MTs Unggulan Nuris 2012 dan MA Unggulan Nuris 2015

Hasan Berfoto Bersama Teman-teman Semasa di Pesantren di Hari Bahagianya
Related Post