Lulusan Agroteknologi Udayana Bali, Alumni Nuris ini Relawan Dompet Sosial

Aktivis di Berbagai Organisasi, Berawal jadi Relawan, Kini Berkarier Profesional di Staf DSM Dompet Sosial

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu unik punya kisah menarik untuk diceritakan. Selain lika-liku perjalanan studi sarjananya, soal kesibukannya di sela kuliah, juga proses kariernya hingga menetap sebagai staf DSM salah satu institusi yang bergerak di bidang kemanusiaan ternama seperti Dompet Sosial. Bagaimana kisah detailnya, yuk lanjutkan membaca!

Usai lulus dari SMK Nuris Jember tahun 2012 silam, Muslim, nama lengkap sekaligus panggilan akrabnya, memilih melanjutkan studi sarjana di Bali, tepatnya kampus negeri “legend” dan tertua yakni, Udayana. Meski lulusan SMK pada program studi teknik kendaraan ringan, tak membuat Muslim gentar ikut berkompetisi masuk Udayana.

Akhirnya, dia mampu lolos masuk Kampus Udayana pada jurusan agroteknologi. Di situlah dia memulai aktivitas studi dan bakat keorganisasiannya. Pemuda kelahiran Jember, 14 November 1994 ini memang mempunyai kharisma kepemimpinan. Terbukti banyak organisasi yang digeluti bahkan dengan posisi yang strategis.

(baca juga: Sempat Jajaki Bisnis Online, Lulus Kuliah Cumlaude, Alumni Nuris Berkarier di Kemensos RI)

Tengok saja, pada periode tahun 2014/2015 lelaki yang supel dan humoris ini menjabat sebagai ketua umum UKKI FPMI UNUD atau sebuah organisasi keorahinian Islam Forum Persatuan Mahasiswa Islam Universitas Udayana. Lalu berlanjut pada periode tahun 2015/2016, dia menjabat sebagai ketua DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) UKKI FPMI tersebut.

Selain itu, lelaki asal Sumberjambe, Jember ini juga aktif di organisasi himpunan mahasiswa jurusan dan HMI. Berbagai petualangan keorganisasian yang telah dilewatinya tersebut membuatnya banyak makan asam garam dalam kepemimpinan. Tak cukup di situ, dia pun juga aktif sebagai relawan sebuah institusi yang bergerak di bidang kemanusiaan yakni, Dompet Sosial.

(baca juga: Yuk Intip Profil Alumni Nuris Berkarier di Kanwil Direktorat Bea dan Cukai Jawa Timur I)

Hingga akhirnya dia bisa menuntaskan studi sarjanannya pada tahun 2019 usai merampungkan skripsi berjudul “Hispatologi Tulang Daun Jeruk Siam (Citrus Nobilis) yang Terinfeksi Penyakit Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) pada Tingkat Serangan Ringan, Sedang dan Berat”. Dia pun meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) dengan sangat memuaskan yakni, 3,26.

“Memang terbilang cukup lama saya menyelesaikan kuliah karena proses penelitian skripsi yang tergolong berat serta kesibukan saya di organisasi. Tetapi alhamdulillah juga berkat keaktifan jadi relawan Dompet Sosial, usai lulus sarjana tak usah menunggu waktu menganggur, kini saya berkarier di sana sebagai staf DSM.” Tutur Muslim.[AF.Red]

Nama                    : Muslim

Lembaga              : SMK Nuris Jember, TKR, lulus tahun 2012

Kuliah                   : Universitas Udayana, Bali, jurusan agroteknologi

Karier                    : Staf DSM Dompet Sosial

Related Post