Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Penulis: Muhammad Qorib Hamdani*

Hidup terus berjalan. Sama seperti sinar matahari yang selalu datang setiap pagi menyiratkan kegembiraan dan harapan baru.

Itulah kata-kata teruntuk matahari pagi yang siap memulai kegiatan baru. Berbicara mengenai matahari pagi banyak kemanfaatan yang terkandung dari pancaran sinar matahari. Sebagian orang banyak yang melakukan ritual pagi dengan senam dan berjemur. Memang ada apa dengan matahari pagi? Apakah banyak manfaat dari sinar tersebut? Bisakah menyehatkan bagi tubuh? Yuk selengkapnya baca di bawah ini!

(Baca juga: 5 Manfaat wudhu menurut ulama dan kesehatan)

Pertama, meingkatkan produksi vitamin D. Tubuh kita banyak membutuhkan vitamin D karena untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot. Selain menyehatkan bagi tubuh, matahari pagi juga dapat mencegah beberapa penyakit bagi tubuh seperti rakitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes, dan multiple sclerosis.

Kedua, memperbaiki kualitas tidur. Matahari pagi sangat baik bagi kualitas tidur pada melatonin. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur, jika kadar melatonin di dalam darah rendah , maka siklus tidur akan terganggu.

(Baca juga: Tips supaya liburan panjangmu lebih bermanfaat)

Ketiga, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat tubuh terkena pancaran matahari pagi maka tubuh akan lebih banyak menghasilkan sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan bagi tubuh. Peran sel darah putih sangat penting untuk melawan berbagai penyebab infeksi.

Keempat, mencegah depresi. Kadar hormon serotonin bagi tubuh sangat sangat penting bagi tubuh kita. Apabila kadar hormone serotonin rendah, maka kita akan mudah mengalami depresi.

Kelima, mengatasi penyakit kulit. Satu lagi kemanfaatan matahari pagi kita yaitu membantu mengatasi penyakit kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Apabila kita ingin berjemur di bawah sinar matahari pagi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai berapa lama akan berjemur. Itulah beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi tubuh, semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post