Bergelut dengan Studi Praktikum, Alumni Nuris ini Rengkuh Gelar Sarjana di UNEJ

Belajar Biologi Bikin Dian Lebih Cintai Alam dan Peduli dengan Lingkungan

Pesantren Nuris – Bangga dan lega, perasaan yang dialami alumni Nuris yang satu ini, karena kesuksesannya menuntaskan tahapan studi sarjana dan diwisuda. Praktis gelar sarjana pendidikan tersemat di belakang namanya kini usai bergelut dengan studi praktikum selama empat tahun belakangan ini. Siapakah gerangan, cekidot profilnya!

Namanya Dian Fadhilah Humairoh. Gadis cantik ini lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPA, pada tahun 2015 silam, dan hari Sabtu, 25 Januari 2020 kemarin, dia diwisuda bersama ratusan mahasiswa lainnya di gedung anyar Universitas Jember(UNEJ) yang berbentuk daun tembakau itu.

Dian, sapaan akrabnya saat berada di Pesantren Nuris Jember, merengkuh gelar sarjana pendidikan (S.Pd.) program studi pendidikan biologi setelah merampungkan penelitian skripsinya berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Pola Distribusi Pertanyaan Siswa Dimensi Pengetahuan, Keterampilan, Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa”.

(baca juga: Wisuda di PKN STAN, Siap Berkontribusi Bangun Negeri)

Dengan mempertanggungjawabkan hasil temuannya tersebut, gadis kelahiran Jember, 26 Oktober 1997 ini mampu meyakinkan dosen penguji skrispinya sehingga mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) dengan predikat sangat memuaskan yakni, 3,3.

“Bahagia sekali saya sudah menuntaskan tahap sarjana, rencana ke depan ya mau ngajar dulu. Memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan dan memang cita-cita saya ingin  jadi pendidik.” Terang pemudi beralamat di Jalan Koptu Berlian, Antirogo, Jember tersebut.

Menurutnya, belajar biologi sangat menakjubkan sebab membuatnya seolah dekat sekali dengan alam. Dengan berbagai studi parktikum yang menjadi bagian kesehariannya saat kuliah, dapat meningkatkan rasa cinta dan kepedulian terhadap keberlangsungan hidup lingkungan yang seimbang.

(baca juga: Gunakan Referensi Fiqh Tradisionalis Karya KH Muhyiddin Abdusshomad, Alumni Nuris Lulus Summa Cumlaude)

“Praktikum menjadi suatu yang biasa di sini seperti, bermain dengan bakteri, fungi dan lain-lain. Sempat juga studi lapang ke Baluran, Trinil, sampai ke Yogyakarta pula. Dan tentu laporan sudah sangat menunggu untuk dikerjakan. Seru belajar biologi itu.” Tuturnya.

Di sela kesibukan studi sarjana pendidikan biologi di UNEJ, perempuan yang hobi traveling ini juga turut mengasah mental kepemimpinan dalam berbagai organisasi seperti, UKKI MASSA FKIP, dan IPPNU Universitas Jember. Dia berharap kombinasi studi dan organisasi yang dilaluinya dapat melatih mentalnya dalam mengarungi kehidupan.[AF.Red]

Nama                    : Dian Fadhilah Humairoh

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulusan tahun 2015

Kampus                : UNEJ, jurusan pendidikan biologi

Related Post