Ingin Bangun Lebih Pagi Dengan Fresh? Yuk Simak Tips Berikut!

Penulis: Deli Anisa Virca*

Assalamualaikum sahabat santri.

Kali ini kita akan membahas tips menarik, bagaimana sih agar kita bangun pagi lebih pagi? Mungkin sebagian dari kita memiliki masalah dengan pola bangun tidur sehingga aktifitas pagi dilakukan dengan tergesa-gesa. Nah tips di bawah sangat cocok untuk sahabat yang kesulitan bangun lebih pagi.

Pertama, Berhenti memainkan gadget 2 jam sebelum tidur. Setidaknya kita butuh sekitar 30 menit untuk mengistirahatkan tubuh dari aktifitas seharian. Memainkan gadget sebelum tidur malah membuat tubuh kita terjaga beresiko menyebabkan kanker, penyakit hati, diabetes dan obesitas.

(Baca juga: Tips Memilih Motif Hijab Untuk Remaja)

Kedua, Minum segelas air putih. Menurut kesehatan meminum segelas air sebelum tidur dapat membantu membersihkan tubuh, memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari, serta menurunkan berat badan.

Ketiga, Berwudhu’. Sebisa mungkin kita berwudhu’ sebelum tidur sehingga kita tertidur dalam keadaan suci. Selain itu berwudhu’ dapat menenangkan otot setelah beraktivitas seharian. Sehingga kita tidur dengan pulas.

Keempat, Membaca three “Qul”. Apa itu Three “Qul”? ya, Three “Qul” adalah 3 surah terakhir dalam Al- Quran yakni surah An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas. Sebuah hadist shahih mengatakan bahwa membaca three “Qul” menrupakan sunnah rasul: 

“ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila menghampiri tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membacakan pada keduanya, “Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birobbil falaq, Qul a’udzu birobbin naas.” Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat ia jangkau. Beliau mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan itu tiga kali. (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6320 dan Muslim, no. 2714]

Kelima, Membaca do’a sebelum tidur. Sejak kecil kedua orang tua biasanya membiasakan kita untuk membaca do’a sebelum tidur dengan alasan “agar tidak mimpi buruk” hehehe. Namun semakin beranjak dewasa kebiasaan baik tersebut hilang dari diri kita dengan alasan mata terpejam terlebih dahulu, lupa dan lain sebagainya. Perlu diketahui sahabat, membaca doa sebelum tidur memiliki dampak yang luar biasa. Tidur adalah saat dimana Allah SWT memegang nyawa orang yang belum meninggal, jika Allah SWT tidak mengembalikan nyawa kita setidaknya, kita sudah berusaha mengingat Allah SWT.

(Baca juga: Tips Mencegah Flu di Musim Hujan)

Keenam, Menu makan malam. Perlu diketahui sahabat, bahwa menu makan malam dapat mempengaruhi tidur kita. Sebaiknya sahabat pilih menu makan malam yang ringan karena makan malam berat dapat membuat kita lebih malas untuk bangun.

Ketujuh, Ikhlaskan semua hal di hari ini. Misalnya, hari ini ada suatu peristwa yang membuat sahabat sakit hati atau tidak nyaman sebisa mungkin sahabat harus memaafkan, harus mengikhlaskan. Karena dengan mengikhlaskan dapat membuat hati kita lega dan tenang. Sehingga kita akan tertidur dengan nyenyak dan bangun pagi dengan segar.

Kedelapan, Ingat hal apa yang memotivasi anda untuk bangun lebih awal. Sholat Tahajjud misalnya, ingin belajar untuk ulangan esok hari dan lain sebagainya. Dan sahabat juga harus memotivasi diri sendiri. Harus benar-benar dari dalam hati. “ Ya Allah, bangunkan saya pukul (sekian) hamba ingin terjaga di seperempat malam untuk bermunajat padaMu.”

Kesembilan, Matikan lampu. Menurut ahli kesehatan, tidur dengan kondisi gelap akan membuat tidur kita lebih berkualitas karena jika dalam keadaan terang mata kita tidak benar-benar bisa beristirahat sehingga saat bangun kita merasa tidur malam kurang.

Kesepuluh, Nyalakan alarm. Sahabat bisa mengatur jam bangun dengan alarm tapi sebelum itu, sahabat harus mengerti suara alarm seperti apa yang mampu membangunkan sahabat.

Nah, itu dia 10 tips mudah untuk bangun lebih awal. Semoga dapat membantu mengatasi masalah sahabat dalam bangun pagi ya! Selamat mencoba.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post