Mengekspresikan Diri Lewat Tari

Penulis: Deli Anisa Virca*

Asrama Daltim terkenal sebagai asrama dengan segudang kreativitas. Januari lalu asrama Daltim mengadakan pondok meeting dengan salah satu lomba DMB (Daltim Mencari Bakat). Yuk intip wawancara juara pertama DMB dengan tim website Nuris.

Sejak kapan menjadikan tari sebagai hobi? Mengapa?

Khoiriyah Putri: ”Sejak TK. Berawal dari Imtihan akhirnya berlanjut hingga SD. Sejak kelas 4 SD saya mulai ikut sanggar hingga kelas IX SMP. Tari itu ekspresi diri saya, saya nyaman menjadi penari”

Nafi’atul Mukhtaroh: “ Sejak di Daltim. Awalnya biasa semenjak banyak acara di Daltim akhirnya terbiasa dan mulai suka. Saya tidak pernah mengikuti sanggar namun itulah bakat alamiyah dari diri saya sendiri sesekali saya berfikir ingin mahir berpidato, puisi namun jiwa saya memang ada di tari.”

Jenis tarian apa yang disuka?

Khoiriyah Putri: “ Tarian tradisional. Karena pertama kali tepatnya TK saya diperkenalkan dengan tarian tradisional sehingga tari tradisional tersebut yang saya kembangkan.”

Nafi’atul Mukhtaroh: “ Campuran, Tradisional dan Modern. Saya tidak terpacu dengan satu tarian karena sebenarnya tari bukanlah hobby utama saya.”

Dengan bakat menari apa tujuan kedepannya?

Khoiriyah Putri: “ Saya ingin mengembangkan bakat dengan membuka sanggar tari sekaligus saya dapat berbagi ilmu kepada generasi bangsa lainnya.“

Nafi’atul Mukhtaroh: “ Ingin mengajar tari anak MI daerah rumah. Karena saya ingin memulai dari lingkungan terdekat dahulu.”

Apakah pernah mengikuti lomba di luar pesantren?

Khoiriyah Putri: “ Sering dan moment paling berkesan selama lomba yaitu saat kelas 6 SD kelompok tari kami menjadi juara favorite se- Kab. Jember.”

Nafi’atul Mukhtaroh: “ Untuk lomba sendiri belum pernah. Namun cukup sering diundang di acara masyarakat.”

Pesan untuk sesama penari

Khoiriyah & Nafi’atul : Jangan pernah berhenti melestarikan tarian tradisional Indonesia. Kita tahu saat ini banyak budaya asing yang meraja lela di tanah air seperti K-POP dan lain sebagainya.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post