Berhasil Juara 1 Olimpiade Astronomi Tingkat Nasional, Siswa SMA Nuris Jember Luar Biasa

Mempelajari Astronomi Membuat Siswa SMA Nuris Jember Memandang Langin Dengan Cara Berbeda

Pesantren Nuris- JASTRO (Komunitas Astronomi Amatir Kota Jember) kembali mengadakan acara ASC (Astronomy Smart Competition) yakni event tahunan untuk menggali kemampuan para astronom amatir dan mencari bibit unggul pelajar dan pegiat astonomi melalui suatu kompetisi yang kredibel setara dengan tingkat olimpiade nasional bidang astronomi.

ASC II 2020 ini dilaksanakan berbasis Online secara nasional dengan pusat basis server di Kabupaten Jember. ASC dapat diikuti oleh seluruh pelajar dari SMP/Mts setingkat hingga SMA/MA setingkat serta pegiat astronomi / masyarakat umum.

(Baca juga: Prestasi literasi santri Nuris dahsyat dominasi juara ajang sme 2020 tingkat provinsi)

M-Sains Astronomi Nuris mengirim enam siswa andalan dari SMA Nuris Jember untuk ikut serta dalam event ini. Lomba digelar pada 8 Februari 2020 secara online, peserta diminta untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda. Seperti olimpiade pada umumnya penilaiannya untuk jawaban benar +4 dan salah -1.

Menurut Adinda Putri Jannatul Firdaus soal tersulit baginya yakni soal setingkat OSP (Olimpiade Sains Provinsi) karena kebanyakan soal OSP membutuhkan kemampuan  analaisis yang tinggi. Dan perlu banyak belajar lagi untuk menerjemahkan maksud dari soal.

“Saya senang belajari ilmu astronomi, karena sangat menarik. Semakin dipelajari semakin membuat kita merasa ingin belajar lagi dan lagi. Karena yang dibahas itu luas sekali yakni lmu tentang perbintangan dan luar angkasa,” tambahnya.

Dalam lomba ini diambil juara 1,2,3. Dan Alhamdulillah salah satu kandidat dari SMA Nuris Jember berhasil meraih juara 1 atas nama Adinda Putri Jannatul Firdaus, juara 2 MAN 2 Kota Malang dan juara 3 SMA Semesta Semarang .

(Baca juga: Gebyar Prestasi dalam wisuda kitab dan tahfid-ke IV)

“Saya tidak menyangka bisa berhasil menjadi juara 1. Awalnya perasaan saya takut karena kita jadi tahu lawan-lawan kita diluar seperti apa, saingannya sangat berat.  Saya ucapkan terimakasih kepada kedua orangtua, salah satu kebiasaan saya sebelum berlomba adalah saya harus menghubungi orang tua karena doa restu mereka itu segalanya. Terimakasih kepada Pembina Kak Hairlinda Agustin,juga  pengasuh dan seksi penjamin mutu yagn selalu mendukung kegiatan Astronomi,” ujar Adinda.

Para pemenang nantinya mendapat hadiah trophy kemenangan dan uang pembinaan.

Selain kebanggaannya menjadi pemenang Adinda juga mengatakan bahwa, mengikuti M Sains Astronomi membuatnya jadi lebih banyak tahu tentang benda-benda di luar angkasa, dan membuatnya menjadi berbeda pandangan ketika menatap langit. Membuatnya menjadi semakin tahu detail bintang-bintang di langit. Dan itu juga membuatnya semakin bersyukur akan kekuasaan Allah yang ada di alam semesta.

“Salah satu kiat saya dalam belajar dan menjadi juara adalah mengorbankan waktu tidur siang dan malam. Saya belajarnya malam ketika teman-teman saya tidur. Karena saya belajar membutuhkan waktu yang sepi dan saya akan tidur 1 jam sebelum belajar kemudian saya akan belajar ketika teman-teman saya tidur. Harapan kedepannya Astro di Nuris semakin maju, berkembang, dan lebih didukung oleh pengasuh, dana saya dapat  mengikut lomba-lomba lain yang lebih bergengsi, dan semoga saya sukses dalam lomba mendatang yakni KSN-K Kompetisi Sains Nasional Kabupaten yang akan digelar pada tanggal 10 Maret nanti,” ujarnya. [Red.Dev]

Related Post