Tips Menghilangkan Virus di Laptop

Penulis: Eka*

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal yang namanya  laptop atau komputer, tentunya kita tau itu dan kita sering menggunakan benda tersebut lalu menghubungkannya dengan yang namanya internet. Dan ketika perangkat kamu terhubung ke internet, tidak akan menutup kemungkinan perangkat anda akan terkena yang namanya virus.

Ya, ketika laptop atau komputer kita terkena virus maka itu akan menjadi hal yang terburuk bagi kita, dan dampaknya  antara lain kita akan kehilangan data – data yang ada dan mungkin saja kita bisa kehilangan system operasi  yang sedang  kita jalankan dan salah satu penyebabnya masuknya virus pada perangkat kita adalah ketika kita mendownload aplikasi, video, film maupun lagu dan di dalamnya tertanam sebuah virus.  Lalu bagaimana cara menghilangkan virus yang sudah ada di dalam perangkat? Baiklah simak keterangan berikut.

(Baca juga: Tips Jitu Memilih Kopi Untuk Dikonsumsi)

Menggunakan command prompt

Menggunaka command prompt menjadi suatu alat alternatif karena tidak perlu menggunakan aplikasi anti virus. Pertama – tama klik start menu, dan ketik CMD. Jika sudah di temukan, lansung saja klik kanan pada CMD untuk menjalankannya sebagai administrator. Setelah klik kanan, klik run as administrator. Setelah masuk ke dalam CMD, misalkan yang kamu tuju drive E maka ketik dir E: -s –h /s/d. Lalu tekan enter. Jika anda ingin memeriksa selain E, cukup ganti huruf E dengan huruf C/D. 

 Kemudian, cari file dengan format.EXE,yang sekiranya tidak pernah anda download. Kemudian hapus melalui command prompt. Jika file tidak bisa d hapus, anda dapat mencarinya melalui RUN. Lalu hapus file tersebut. Anda juga dapat menggunakan REGEDIT caranya  start>run>regedit>edit>find kemudian anda masukkan nama file virus yang anda temukan, dan hapus beserta foldernya.

(Baca juga: Tips Memilih Motif Hijab Untuk Remaja)

Menggunakan aplikasi anti virus

Selain dengan cara manual seperti yang telah disebutkan diatas, anda juga dapat menggunakan antivirus untuk menghilangkan virus berbahaya.

Misalnya, anda dapat menggunakan antivirus Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, dan lain-lain.  gunakanlah anti virus yang terbaik menurut anda. Dan jangan lupa untuk selalu update secara rutin, dan scanning dengan menjalankan anti virus.

Install ulang laptop

Langkah terakhir untuk mengilangkan virus di laptop anda dan itu merupakan satu opsi terakhir bagi anda adalah dengan melakukan install ulang pada laptop anda.

Insatal ulang tersebut dapat di lakukan apabila infeksi pada laptop anda sudah sedemikian parah sehingga cara apapun tidak bisa mengatasinya. Sebelum itu anda harus membackup data-data yang menurut anda penting, dengan demikian data tersebut tidak akan hilang/terhapus.

Dengan demikian terapkanlah cara menghilangkan virus laptop yang menurut anda paling baik, semoga dengan melakukan tips-tips tersebut akan meningkatkan performa perangkat anda menjadi lebih baik.

Penulis merupakan siswa kelas X TKJ Axioo SMK Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post