Pengusaha Muda yang Suka Tantangan, Yuk Kepoin Profil Fantastis Alumni Nuris ini

Bercita-cita Buka Lapangan Kerja, Kuliah Tetap Fokus, Terus Kembangkan Bisnis

Pesantren Nuris – Alumni Nuris yang satu bisa dibilang cukup fantastis. Betapa tidak, sesibuk apa pun kuliahnya, dia tetap meluangkan waktu untuk mengasah passion-nya di bidang bisnis. Tak heran, cukup banyak pengalaman yang telah dilalui hingga kini sudah bisa menghasilkan uang sendiri dan memberdayakan pemuda kawasan sekitar rumahnya. Penasaran siapa dia, yuk baca dong!

Barangkali ada yang mengenal sosok Iqbal Nasrullah, lulusan SMA Nuris Jember tahun 2016 jurusan IPS ini. Siapa sangka, pemuda asal Desa Sukogidri, Ledokombo, Jember tersebut suka tantangan dan banyak menghabiskan waktu selain kuliah dengan mengasah insting bisnisnya.

Menurut Iqbal, sapaan akrab pemuda kelahiran Jember, 28 Juli 1999 tersebut, “saya rela menjadi kuli sekalipun demi mendapat pengalaman berbisnis. Intinya bisnis itu berjualan bukan, seberapa banyak barang atau jasa yang kita tawarkan diterima atau digunakan orang semakin kita mendapat untung. Itu prinsip dasar bisnis.”

(baca juga: Bergelut dengan Studi Praktikum, Alumni Nuris ini Rengkuh Gelar Sarjana di UNEJ)

Hal tersebut yang menjadi motivasi lelaki yang bercita-cita jadi pengusaha sukses ini masuk program studi perbankan syariah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. “Di sini saya banyak mendapat pengetahuan dan wawasan soal ilmu ekonomi yang di dalamnya ada materi manajemen, pembukuan, marketing, dan cara membangun usaha.” Tuturnya.

Baginya, ilmu ekonomi tidak hanya cukup dipelajari, tetapi juga perlu diterapkan dalam kehidupan. Bahkan, Iqbal bercita-cita membuka usaha dan lapangan pekerjaan bagi banyak orang ketimbang melamar pekerjaan. Terbukti, sekian bisnis telah diupayakan dan membuahkan hasil cukup memuaskan.

(baca juga: Alumni Nuris Sukses Berkarier dalam Dunia Industri di Bali, Simak Liputannya)

“Cukuplah nambah uang jajan, penghasilan saya bisa lebih sejutaan. Beragam yang telah saya kerjakan. Mulai berjualan baju secara online, buka warung kopi dan mi ayam, berdagang buah-buahan untuk didistribusikan ke pengepul, jualan PPOB, dan tetap sekarang fokus sambil mengerjakan skripsi.”

Meski dengan seabrek pekerjaan yang telah dijalaninya, capaian akademik Iqbal masih terbilang sangat memuaskan yakni, IPK 3,2. Konon minat bisnisnya mulai muncul sejak semester 3 lalu hingga kini. Wirausaha yang diupayakan Iqbal ada yang dimulai dengan modal sendiri, bekerja sama dengan orang tua, ada pula yang diusahakan bersama beberapa pemuda setempat atau teman kuliah yang join.[AF.Red]

Nama                    : Iqbal Nashrullah

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, lulusan tahun 2016

Kuliah                   : IAIN Jember, Prodi Perbankan Syariah

Related Post