Tips Menangkal Virus Corona Sesuai Syariat Islam

Penulis: Deli Anisa Virca*

Assalammualalikum Sahabat Santri, semoga sahabat dalam keadaan sehat dan selalu dalam linduangna Allah Swt. Nah pada tips kali ini, kami akan memberikan tips yang insyaallah sangat berguna untuk para sahabat, yakni tips tentang menangkal virus corona ala Islami. Simak ya!

Pada Senin, 2 Maret 2020 presiden Jokowi mengumumkan bahwa virus Corona telah masuk ke nagara Indonesia, dan hingga saat ini sudah ada 69 warga Indonesia yang terjangkit virus asal Wuhan China itu. Innalillahi wainnailaihi rojiun, semoga kita semua terhindar dari virus mematikan ini ya sahabat.

Namun, tak perlu panik, kita masih bisa menangkalnya dengan cara yang tentunya sesuai dengan syariat Islam. Ada dua cara yang bisa kita lakukan, yakni

Pertama ikhtiar/berusaha untuk mencegah virus itu menular pada diri kita. Kalau di media-media diberitakan bahwa virus corona tidak ada obatnya, bukan berarti tidak dapat dicegah kan?

(Baca juga: Tips menghilangkan virus di laptop)

Kita bisa mencegah tertular dari virus corona dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh pemerintah. Yaitu

Sering cuci tangan pakai sabun
Gunakan Masker bila batuk dan pilek
Konsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah
Hati-hati kontak dengan hewan
Rajin olahraga dan istirahat cukup
Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak
Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Selain itu, kita dapat menangkal virus dengan menjaga stamina tubuh tetap vit. Kita bisa mengonsumsi empon-empon. Nah menurut Chaerul Anwar Nidom, Guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Empon-empon dipercaya bisa menangkal virus ini, seperti jahe, kunyit dll. Empon-empon dapat dikonsumsi dalam bentuk jamu, maupun minuman hangat lainnya, atau dpat pula sebagai bumbu makanan.

Lalu yang kedua adalah berdoa. Menyerahkan segala sesuatunya pada Allah Swt.

Rasulullah bersabda:

Karena kesembuhan mutlak kehendak dan anugerah Allah semata maka juga perlu dipahami bahwa obat yang hanya sebagai sarana bisa berbentuk apa saja. Dengan sarana yang mana seseorang yang sakit akan mendapatkan kesembuhannya hanya Allah yang tahu sesuai dengan kehendak-Nya.

(Baca juga: Ingin bangun lebih pagi dengan fresh yuk simak tips berikut)

Maka dari itu mari kita selalu berdoa, mohon ampun dan mohon dilindungi dari segala penyakit hanya kepada-Nya..

Nah, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk menangkal virus corona. Amalan yang pertama, amalan ini berdasarkan dawuh KH. Muhyidin Abdussomad, yaitu membaca do’a  di bawah ini, dibaca sebanyak 3x di pagi hari dan di waktu maghrib.

Amalan yang kedua adalah perbanyak membaca sholawat. Hal ini merupakan himbauan nahdatul ulama. Kita bisa membaca Shalawat Syifa (Thibbil Qulub). Shalawat tersebut adalah shalawat yang sering digunakan untuk wasilah penyembuhan suatu penyakit. Para ulama dan kyiai sering mengajarkan shalwat ini untuk tujuan penyembuhan penyakit.

Nah itu tadi tips dari kami, tak perlu panik ya sahabat. Kita hanya perlu berikhtiar menjaga kesehatan dan juga berdoa, berserah diri kepada Allah Swt. Semoga bermanfaat!

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post