SMA Nuris Jember Benar-Benar Mantul, Jawara Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Jember

Enam Siswa Raih Juara KSN-K, Tiga Siswa akan Berlaga di KSN Provinsi Bulan April Mendatang

Pesantren Nuris – Prestasi siswa SMA Nuris Jember benar-benar mantap betul alias mantul. Terdapat enam siswa raih juara Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Jember (KSN-K) tahun 2020 yang diselenggarakan di SMAN 1 Jember, pada hari Selasa, 10 Maret 2020 lalu.

Berdasarkan SK pengumuman resmi Diknas Kabupaten Jember tertanggal 12 Maret 2020, mereka yang berprestasi tersebut yakni, Hosniatul Musyarrofah (juara 1 mata pelajaran kimia); Siti Fayruzzahra (juara harapan 1 mata pelajara kimia); M. Ridlo Ubaidillah (juara harapan 2 mata pelajaran komputer dan informatika); dan Deli Anisa Virca (juara harapan 2 mata pelajaran biologi).

Selain itu, ada dua siswa luar biasa yang jago di bidang mata pelajaran astronomi yang turut menyumbang piala KSN-K tahun 2020 bagi SMA Nuris Jember di antaranya, Fadya Rahman Nuroin sebagai peraih juara 1 dan Adinda Putri Jannatul Firdaus sebagai peraih juara 2.

Ini menjadi pencapaian prestasi luar biasa yang rutin diraih oleh lembaga pimpinan Gus Robith Qoshidi tersebut. Namun, dari keenam juara tersebut hanya peraih juara 3 besar yang akan berlanjut ke laga tingkat Provinsi Jawa Timur yang konon akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2020 mendatang.

(baca juga: Tim LKTI SMA Nuris Jember Juara 1 tingkat Nasional di Sukabumi)

Gus Robith Qoshidi menuturkan, “ajang yang dulunya bernama OSK ini memang menjadi salah satu bidikan utama kami dalam meraih prestasi bidang sains. Ini ajang bergengsi yang diikuti ratusan siswa jenius mulai tingkat kabupaten hingga internasional. Alhamdulillah di tingkat kabupaten kami mewakilkan 3 anak kami ke tingkat provinsi bulan depan.”

“Mereka yang lolos ke ajang KSN-P adalah dari mata pelajaran Kimia ada 1 siswa, dan 2 siswa dari mata pelajaran astronomi. Tentu saya sangat bangga, mereka menjadi representasi santri yang mampu bersaing di bidang sains. Terima kasih kepada segenap guru atas doa dan bimbingannya sehingga mereka bisa berprestasi.” Imbuhnya.

Menghadapi Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi Jawa Timur (KSN-P) tahun 2020 yang digulirkan bulan depan, semua siswa tersebut langsung bergegas fokus mempersiapkan diri. Melalui manajemen Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember khususnya bidang MSains, mereka dibina secara intensif oleh guru profesional untuk menyukseskan KSN-P tersebut.

(baca juga: Semangat Berkompetisi, Rani, Siswa SMA Nuris Jember kembali Raih Juara Story Telling se-Jatim)

Desy Maya Fitria, selaku pengelola Msains turut berkomentar, “kami bersyukur usaha kami melalui pembinaan secara intensif sejak November 2019 lalu membuahkan hasil yang manis. Kami bangga sekali, intinya perbanyak latihan soal dan fokus dengan tujuan kunci keberhasilan mereka. Alhamdulillah mereka sukses.”

“Hebatnya lagi, ada siswa kelas X SMA Nuris Jember yang turut lolos ajang KSN-P tersebut. Dia adalah Adinda. Untuk mata pelajaran astronomi, dua siswa yang kami delegasikan sukses semua. Semoga persiapan untuk tingkat provinsi diberi kemudahan, anak-anak terus bersemangat dan semoga lolos ke tingkat nasional, amin.” Tambahnya.[AF.Red]

Fadya Rahman Nuroin, Juara 1 Astronomi
Deli Anisa Virca, Juara Harapan 2 Biologi
M. Ridlo Ubaidillah, juara harapan 2 komputer dan informatika
surat pengumuman KSN-K 2020
Related Post