Manfaat Kandungan Buah Pear Bagi Tubuh

Penulis: Deli Anisa Firca*

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti anda sangat mengenal bahkan penikmat setia buah yang satu ini, harganya yang lumayan murah, rasanya yang nikmat dan segar, juga kandungan manfaatnya yang luar biasa. Buah yang satu ini snagatlah digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Buah pir berasal dari Eropa Barat, Asia, dan Afrika Utara. Termasuk subur di Indonesia karena memiliki kesamaan iklim tropis. Ada begitu banyak jenis pir, beberapa di antaranya tetap bisa bertahan meski dilanda musim dingin.

Buah pir yang paling umum ada di Asia termasuk Indonesia ialah jenis Pir Nashi atau Pyrus pyrifolia. Buah yang bisa disantap begitu saja atau bisa disajikan sebagai sup buah, tetap bisa memberikan manfaat yang berarti bagi tubuh.

(Baca juga: Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh)

Nah yuk simak beberapa manfaat buah pir bagi tubuh yang mungkin belum anda ketahui.

Baik untuk otak, wah ternyata selain rasanya yang manis buah pir juga baik untuk kesehatan otak loh. Mengutip dari doktersehat.com bahwa konsumsi buah pir berukuran sedang bisa mendapatkan asupan copper atau mineral minor harian sekitar 15 persen. Kandungan copper yang tercukupi, baik untuk memperbaiki kekuatan sistem saraf dan kinerja otak.

Buah pir mengandung berbagi nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Di dalam buah ini  memiliki vitamin C tinggi, vitamin B, K, tembaga, magnesium, dan kalium. Vitamin C dalam buah pir mampu memberi 12 persen kebutuhan harian, yang baik dalam melindungi DNA tetap sehat, menjaga metabolisme, memperbaiki jaringan yang rusak, dan menghentikan mutase sel.

Buah pir juga dapat melawan radikal bebas. Di dalam buah pir terdapat antioksidan yang tinggi, berbagai vitamin dan mineral lain, dapat menangkal radikal bebas, dengan cara melindungi sel dari kerusakan yang ditimbulkan. Radikal bebas bisa menyebabkan pertumbuhan kanker.

(Baca juga: Manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan)

Menjaga system pencernaan, selain dapat melawan radikal bebas, buah pir juga merupakan sumber serat yang baik untuk membantu menjaga sistem pencernaan, dikutip dari The United States Department of Agriculture (USDA) di Amerika Serikat.

Serta kandungan air yang banyak dari buah pir, sekitar 84 persen akan membantu menjaga pencernaan dari racun, dan membuat kotoran lebih lembut mudah untuk dikeluarkan. Sehingga cocok dikonsumsi untuk ekskresi racun di tubuh.

Baik untuk diet, buah pir menjadi salah satu menu yang cocok dalam daftar menu makanan menurunkan berat badan Anda. Buah pir mengandung serat yang tinggi dan 100 kalori, yang membuat Anda kenyang cukup lama. Dalam sebuah studi yang memberikan hasil penurunan berat badan dengan konsumsi buah pir selama 12 minggu.

Wah menarik bukan? Itu tadi beberapa kandungan dalam buah pir. Semoga dapat memberi manfaat buat sahabat semua.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post