Tips Supaya Tidak Bosan #dirumahaja, untuk Cegah Covid-19

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Assalamualaikm Sahabat Santri, semoga sahabat senantiasa dalam keadaan sehat ya. Kali ini kami akan membagian tips yang pasti sangat dibutuhkan oleh sahabat yang sedang melaksanakan arahan pemerintah untuk #dirumahaja, terkait mencegah tersebarnya Covid-19. Sejak diumumkannya Covid-19 masuk ke Indonesia oleh Presiden Joko Widodo,  masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing atau pembatasan sosial, yakni menjaga jarak aman kepada orang yang sakit, dengan menggunakan masker, tidak bersentuhan, dan lain-lain.

Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk #dirumahsaja, atau mengkarantina diri di rumah masing-masing, dan sementara tidak mengujungi tempat-tempat umum (tempat berkumpulnya masa). Bahkan pemerintah juga meliburkan sekolah-sekolah supaya para pelajar dapat mengikuti himbauan untuk #dirumahaja, supaya penyebaran Covid-19 tidak semakin merajalela dan meluas.  

(Baca juga: Apa itu social distancing?)

Nah selama menjalani masa isolasi #dirumahaja pasti sahabat mengalami kebosanan kan dengan aktivitas yang dibatasi, yuk intip tips apa saja hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan selama masa karantina.

Family time, terkadang kesibukan kita sehari-hari baik sebagai pelajar, pekerja kantoran, mahasiswa dan lain-lain membuat kita lupa untuk saling mencurahkan kasih sayang dengan keluarga. Nah saat ini adalah waktu yang tepat untuk saling berbagi, berkumpul bersama keluarga, melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama, dengan kedua orang tua, adik, kakak, kakek nenek dan lain-lain, tapi tetap yang #dirumahaja.

Berolahraga ringan, selama masa karantina kita dapat melakukan olahraga ringan untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Karena menjaga daya tahan tubuh menjadi salah satu kunci untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19. Olahraga dengan gerakan sederhana setiap pagi atau sore bisa jadi pilihan aktivitas untuk kalian yang #dirumahaja.

(Baca juga: HandVsanitizer jadi barang langka? jangan khawatir kita bisa membuatnya sendiri)

Belajar memasak menu baru, dengan #dirumahaja, dapat membuat sahabat memiliki waktu ekstra yang bisa gunakan untuk menggembangkan hobi baru seperti memasak. Dengan memasak sendiri, sahabat bisa menghemat pengeluaran serta terjamin kebersihan bahan makanan dan kandungan gizinya. Selain itu sahabat juga bisa mencoba resep-resep baru.

Merawat diri, selain berolahraga ringan dan memasak sahaba juga dapat melakukan hal menyenangkan lainnya seperti merawat diri. Kegiatan sehari-hari di luar rumah yang biasanya menyita waktu kadang membuat kita lupa atau tidak sempat untuk memanjakan diri seperti memakai masker misalnya, atau luluran. Nah di saat #dirumahaja seperti ini adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri.

Membuat kerajinan tangan, sahabat juga dapat memanfaatkan masa karantina ini untuk membuat kerajinan tangan, seperti kotak make up misalnya, atau boneka dari bahan flannel, atau pun membuat bunga dari kertas untuk hiasan dinding. Sahabat dapat mencari contohnya di youtube atau instagram. Siapa tahu ternyata sahabat memiliki bakat terpendam yang selama ini belum diketahui.

Membersihkan rumah, selama masa karantina hal lainnya yang dapat dilakukan adalah bersih-bersih rumah, dan membongkar lemari baju. Suatu kegiatan yang sulit sekali dilakukan ketika sibuk berktivitas di luar rumah, di sekolah atau di tempat kerja.

Nah itu adalah beberapa hal yang dapat sahabat lakukan selama masa karantina, semoga dapat membantu mengatasi kebosanan ya dan semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post