Empat Manfaat Utama Daun Kelor

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Indonesia merupakan negara tropis dengan jenis flora dan fauna yang beragam, mulai dari biji-bijian hingga sayur-sayuran banyak dijumpai di Indonesia. Tak hanya sebagai bahan makanan saja, semuanya memiliki kandungan gizi, protein, vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu tumbuhan tersebut adalah daun kelor. Daun kelor merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Daun yang juga disebut moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya.

(Baca juga: Manfaat kandungan buah pear bagi tubuh)

Nah yuk kita lihat apasaja sih manfaat dari daun kelor ini.

Memberikan nutrisi untuk tubuh. Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.Menurut ahli, di dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut: Protein: 2 gram Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

Membantu menurunkan kadar gula darah Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

Kaya akan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung. Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

(Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh)

Membantu mengatasi kanker. Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

Nah itu tadi empat utama manfaat dari daun kelor, wah ternyata kandungan dari daun kelor banyak sekal ya sahabat. Biasanya daun kelor dapat disajikan dengan cara di buat sup atau di rebus biasa. Rasanya juga agak mirip seperti bayam. Bagi ibu menyusui daun kelor juga dipercaya dapat membantu memperbanyak dan memperlancar ASI loh. Itu saja info dari kami semoga bermanfaat.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post