Santri Berprestasi asal Banyuwangi ini Hafal Alquran 30 Juz, Yuk Kepoin Profilnya

Sempat ingin jadi Dokter, Hafizah 30 Juz ini juga Gemar Olahraga Pencak Silat dan Panahan

Pesantren Nuris – Bangga sekali menjadi santri yang masih remaja sudah khatam dan hafal Alquran 30 juz. Di usia yang masih 15 tahun, Nayla Nadhirotul Hidayah, mampu menuntaskan hafalannya setelah menekuninya di kelas khusus tahfizul Quran, MTs Unggulan Nuris.[02/04/2020]

Ini sungguh menjadi capaian yang luar biasa bagi lembaga khusus tahfiz di Pesantren Nuris Jember. Setelah sebelumnya M. Farhan Raditya, Sabilana Al Haq, dan M. Farhan Rahardian sukses menghafalkan 30 juz Alquran, kini bertambah satu santri lagi yakni, Nayla, sapaan akrabnya.

Gadis cerdas kelahiran Banyuwangi, 08 Maret 2005 ini mampu menghafalkan penuh seisi Alquran dalam waktu kurang dari 3 tahun. Sebagai sebuah prosesi tasyakkuran, proses khataman ini disaksikan oleh segenap santri tahfiz dan pembina tahfizul Quran di Asrama Tahfiz Hj. Siti Maryam, pada 22 November 2019 lalu.

(baca juga: Subhanallah, Santri Nuris Hafal Alquran 30 Juz dalam 2 tahun)

“Alhamdulillah senang dan sedikit lega bisa khatam hafal 30 juz. Sedikit lega karena butuh murajaah terus biar semakin lancar. Semoga barokah dan bisa membanggakan almarhum ayah saya, dan tentunya ibu di rumah.” Kata remaja asal Blambangan, Muncar, Banyuwangi tersebut.

Dia menceritakan kisah awalnya fokus menghafal Aqluran karena termotivasi kakak kelasnya dulu yakni, Tazkia Aulia, lulusan MTs Unggulan Nuris tahun 2019 lalu. Awalnya putri bungsu pasangan orangtua Asnan dan Umi Mahtum ini membiasakan diri menghafal juz 30 saat masih sekolah di SDN 1 Kebaman, Banyuwangi.

Berkat prestasi yang dicapai kakak kelas yang ternyata masih sekampung tersebut, Nayla, melajutkan ke MTs Unggulan Nuris. Di sinilah gadis yang gemar olahraga pencak silat dan panahan ini digembleng menjadi hafizah andalan Nuris.

(baca juga: Sabilana Al Haq Tuntaskan Hafalan Alquran 30 Juz Disaksikan Segenap Asatiz di Rumah Tahfiz Hj Siti Maryam)

“Awalnya memang termotivasi dengan capaian prestasi Kak Tazkia, dia sekampung dan masih ada ikatan saudara sih. Alhamdulillah di sini saya bertemu dengan banyak ustazah yang inspiratif, diajari metode menghafal yang baik dan benar sehingga bisa sampai saat ini.” Imbuhnya.

Saat ditanyai soal cita-cita oleh reporter pesantrennuris.net, siswi kelas 9 F MTs Unggulan Nuris tersebut menyatakan sempat ingin jadi dokter. Tetapi melihat kondisi kecintaannya terhadap Alquran, cita-citanya berubah ingin menjadi dosen tafsir Alquran.

Jika soal prestasi jangan ditanya, beberapa prestasi bergengsi telah diraihnya. Nayla pernah meraih juara 2 MHQ 5 juz tingkat Provinsi Jawa Timur di MAN 1 Jember. Bahkan, dia juga pernah meraih juara 2 MHQ 5 juz tingkat provinsi di MAN 2 Pasuruan.[AF.Red]

Related Post