Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Penulis: Muhammad Amiruddin*

Bau mulut sering terjadi pada semua orang, apalagi bagi kalangan muslim yang sedang berpuasa.

Nah, untuk mengatasi bau mulut tersebut. Kamu tidak perlu repot-repot pergi  ke dokter untuk konsultasi, selain memakan waktu dan tenaga juga memakan biaya hidup kita. sebagai gantinya, baca tips sederhana ini untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa di bawah ini!

Pertama, minum air banyak saat buka dan sahur

Mengapa dengan demikian, karena salah satu penyebab bau mulut adalah dehidrasi. Selain itu, saat puasa produksi air liur menurun. Padahal air liur sangat berfungsi untuk menjaga agar tingkat keasaman serta pH pada mulut tetap terjaga. sehingga dapat mengurangi perkembang biakan bakteri pada mulut kita.

(Baca juga: Tips Menghilangkan Virus di Laptop)

Kedua, hindari minum kopi

Pada bulan puasa, ada baiknya kamu hindari minum kopi saat buka puasa dan hendak tidur. Minum kopi juga dapat menyebabkan mulut bau serta membuat gigi kuning.

Ketiga, hindari makan-makanan yang bersifat lengket saat sahur

Terkadang saat sahur, kita sering lupa memperhatikan makanan yang kita makan tersebut. Nah, untuk menjaga bau mulut tetap terjaga. Ada baiknya kamu memakan-makanan yang sehat, selain dapat membuat bau mulut tetap terjaga, juga dapat menjadikan tubuh kita menjadi sehat.

(Baca juga: Tips memilih masker cegah covid-19)

Keempat, sikat gigi menggunakan baking soda

Baking soda bukan hanya berfungsi untuk pengembang kue saja, selain itu baking soda juga berfungsi untuk menghilangkan bau mulut. Caranya, kamu bisa menambahkan 1/4 cangkir baking soda dengan 2 sendok air lemon dan garam. Lalu aduk hingga seperti menjadi pasta, setelah itu bisa digunakan. Itulah tips atau cara untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa.

Nah itu tadi beberapa tips supaya kamu tak bau mulut ketika berpuasa, semoga bermanfaat.  Selamat menjalankan ibadah puasa.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK B MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post