Ma’had Aly Nurul Islam Jember Resmi Dibuka Nih, Daftarkan Dirimu Segera!

Pesantren Nuris – Tahun ini Yayasan Nurul Islam, Antirogo Jember membuka lembaga pendidikan baru. Jika sebelumnya hanya PPDB yang rutin dibuka setiap tahun ajaran baru, tetapi kali ini ada wajah baru yang akan hadir di Yayasan Nurul Islam Jember yaitu PMB.[27/4/2020]

PMB merupakan penerimaan mahasiswa baru. Adanya PMB di Yayasan Nurul Islam Jember, karena mulai tahun ini Nurul Islam Jember resmi mempunyai lembaga setingkat perguruan tinggi yaitu Ma’had Aly Nurul Islam (Takhassus).

Ma’had Aly Nurul Islam Jember (Takhassus) merupakan lembaga yang berfokus mewujudkan kader ahli fiqh dan aswaja. Kini hadir dengan visi mencetak cendekia muslim berintegritas dan mampu membumikan Islam bernafaskan ahlussunnah wal jamaah.

Untuk mewujudkan visi tersebut, lembaga ini mempunyai beberapa program unggulan yaitu bimbingan intensif membaca kitab kuning, retorika aswaja, international exchange students program, TOEFL Class, TOAFL Class, serta entrepreneur and creative class. Meski baru pertama kali dibuka, lembaga ini sudah memiliki tenaga ahli yang berkualitas di bidang masing-masing.

(baca juga: Cukup Tunjukkan Sertifikat Prestasi, Dapatkan Beasiswa Masuk SMA Nuris Jember)

Ma’had Aly Nurul Islam Jember didirikan oleh Rais Syuriyah PCNU Jember Jawa Timur, KH Muhyiddin Abdussomad bersama putra beliau Gus Robith Qoshidi Lc. (Alumni Universitas Al-Azhar Mesir). Lembaga ini diharapkan mampu mencetak generasi-generasi muda dengan pemahaman agama yang utuh baik dalam bidang fiqih, akhlak, terutama aqidah.

“Pembelajaran aqidah menjadi salah satu program unggulan di Ma’had Aly Nurul Islam. Sebenarnya, kalau pembelajaran aqidah bukan hanya di Ma’had Aly saja, tetapi pembelajaran ini seakan menjadi ciri khas lembaga yang ada di bawah naungan Yayasan Nurul Islam Jember.” terang Ustaz Rofiqi, salah seorang pengurus PMB Ma’had Aly Nurul Islam Jember.

(baca juga: Hanya Butuh Rekom PCNU LP Ma’arif, Nikmati Beasiswa Penuh Masuk MA Unggulan Nuris)

Adapun persyaratan masuk Ma’had Aly Nurul Islam Jember cukup mudah. Pertama, pendaftar mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,00. Selanjutnya, pendaftar menyerahkan fotocopy ijazah sebanyak 3 lembar dan menyerahkan foto berwarna 3 lembar dengan ukuran 4×6. Selain berbagai persyaratan tersebut, para mahasiswa yang lolos seleksi diwajibkan bermukim di Pesantren Nuris Jember.

“Untuk tes masuk Ma’had Aly Nurul Islam, kami tunda dulu sampai waktu yang belum bisa kami tentukan. Hal ini karena kondisi saat ini yang tidak memungkinkan. Untuk info lebih lanjut, akan segera kami informasikan.”ungkap Ustaz Rofiqi di akhir wawancara.[Tria]

Related Post