Tips Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadhan

Penulis: Yosni Ayu F*

Assalamualaikum sahabat santri

Gimana nih puasanya? Masih pada semangatkan? Semoga sahat santri senantiasa diberi kesehatan, dan kelancaran dalam berpuasa.

Nah kali ini kami akan berbagi tips yang bisa sahabat lakukan. Pernah gak sih sahabat merasa bingung? Mau ngapain ketika sedang berpuasa. Jika pernah ikut tips-tips dibawah ini ya!

Pertama tadarus Al-quran

Dalam mencari hal positif saat bulan ramadhan kita juga sekalian mencari pahala. Selain tadarus mengisi waktu luang juga cara sahabat untuk mendekatkan diri pada Allah.

(Baca juga: Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa)

Kedua membantu orang tua

Nah selain tadarus kita juga bisa membantu orang tua, di bulan puasa seperti ini pasti orang tua sahabat lagi kerepotan. Terutama ibu yang memasak dan menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa. Maka dari itu sahabat bisa membantu itu daripada main hp misalnya, dengan cara ini juga dapat menambah pahala. Membantu ibu dengan penuh ikhlas.

Ketiga membuat ta’jil

Nah, sahabat daripada boring gak tahu mau ngapain. Mending sahabat bikin ta’jil, itu loh hidangan saat berbuka puasa. Mau laki-laki atau perempuan bisa membuat ta’jil sendiri, buat aja ta’jil yang sahabat suka. Misalnya: kolak, es buah, atau es teh.

Keempat mendengarkan musik

Kalau yang satu ini pasti sahabat suka kan?. Setelah semua pekerjaan selesai tidak ada salahnya sahabat mendengarkan musik. Apalagi sekarang sudah ada streming musik yang bisa sahabat dengerin kapan saja, cocok ketika menunggu waktu berbuka puasa.

(Baca juga: Tips Supaya Tidak Bosan Dirumahaja Untuk Cegah Covid-19)

Kelima membaca buku

Tips yang terakhir ini bisa sahabat lakukan nih, selagi menunggu waktu berbuka. Membaca buku banyak manfaatnya, seperti menambah wawasan tentang agama atau sekedar merefresing otak.

Nah itu tadi tips dari kami sahabat santri. Selamat mencoba semoga bermanfaat ya. Mahaban ya Ramadhan.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post