Peringati Hardiknas 2020 dengan Ngobrol Bareng Alumni Nuris secara Virtual

Ngobrol Bareng Alumni Nuris yang Kece, Motivasi Kuliah di Kota Pelajar

Pesantren Nuris – Untuk memperingati hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, jajaran kepenguruan Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris (IMAN) menggelar sebuah acara sederhana, namun bermanfaat yaitu Ngobrol Bareng Alumni (NBA). NBA yang diselenggarakan pada Sabtu(2/5) mengangkat tema “Kuliah tanpa Kiriman Orangtua (Sarjana di Ibu Kota, lanjut S2 dengan Beasiswa”.

Acara yang digelar melalui live streaming instragram ini dipimpin oleh sang moderator yaitu, Ilmil Zawawi, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember prodi MPI, fakultas FTIK, dan dimeriahkan oleh narasumber yaitu, Muhammad Fajrul Falah, S.H, mahasiswa S2 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta jurusan hukum Islam dan juga sebagai alumni MA “Unggulan” Nuris tahun 2014.

Fajrul, sapaan akrab narasumber mengatakan, “tujuan saya lebih untuk memberi semangat kepada calon mahasiswa baru agar tidak terlalu khawatir masalah biaya ketika kuliah di kota besar”. Pria kelahiran Jember tersebut juga menceritakan bahwasannya selama kuliah S1 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dia mendapatkan beasiswa.

(baca juga: Alumni Nuris ini Kece Banget, Raih Predikat Sarjana Teknik Sipil dengan Cumlaude)

Disampng itu, untuk mendapatkan uang tambahan perbulannya, pria tersebut mencari uang ala mahasiwa, yaitu dengan mengajar. Selain itu, dalam wawancara melalui Direct Massage (DM) Instagram dia pun bercerita, “awalnya sih nyoba entrepreneur tapi gak cocok, pernah juga ikut proyek-proyek kementerian, seperti bikin akbp itu kemenristek, ada juga conference kemenag, partai juga banyak, tapi yah gitu, korban kuliah.” Tuturnya.

Selama NBA berjalan, pria berusia 24 tahun ini membagikan kiat-kiat mencari beasiswa S2 ala dirinya, “kiat-kiat mencari beasiswa S2 ala saya itu, jangan pernah berhenti belajar dan mencoba, cari kenalan sebanyak-banyaknya, dan jangan minder meski kita dari daerah kecil”.

“NBA ini bertujuan pastinya menyambung silaturrahmi, memperkenalkan para alumni kembali kepada adek-adek kelasnya, belajar dan diskusi. Kita tau, mereka yang kita jadikan narasumber bukan orang biasa. Setidaknya dengan belajar dan diskusi bersama mereka, adalah ikhtiar dari pengurus IMAN untuk bisa menambah semangat para anggota IMAN dengan latar belakang para alumni tersebut”, jelas Cholis Rosyidatul Chusna, S.H. sekaligus Sekretaris Umum IMAN 2020.

(baca juga: Rotib on The Road, Wisata Religi Keren ala Himmaris Menapktilas Sejarah Islam)

Di akhir acara NBA tersebut, sang narasumber menyampaikan harapannya, “semoga adek-adek kelas kuliahnya lancar, bisa kuliah dengan jurusan dan kampus yang diinginkan, bisa lebih mandiri waktu jadi mahasiswa, dan bisa dapet beasiswa yang diinginkan”, tutupnya.

Di samping itu, sekretaris umum IMAN pun memiliki harapan, “harapan pengurus, dengan adanya acara ini temen-temen anggota IMAN lebih semangat dan tanpa menyerah di bidang apapun. Terlebih bisa mencontoh jejak langkah para alumni yang notabene-nya kita semua alumni Nuris satu guru yakni santrinya Kiai Muhyiddin,” tutup Cholis sapaan akrabnya.[Sinta]

Related Post