Anda Memiliki Mata Panda? Simak Tips Berikut Yuk!

Penulis: Deli Annisa Virca*

Mata panda merupakan istilah area mata yang menghitam, biasanya disebabkan oleh kelelahan, maupun karena terlalu banyak begadang. Hal ini adalah salah satu masalah yang biasa dialami para kaum hawa. Nah berikut adalah tips alami menghilangkan mata panda menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kita.

Pertama, menggunakan lidah buaya. lidah buaya mengandung vitamin E, A dan C yang dipercaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

(Baca juga: Tips jitu memilih kopi untuk dikonsumsi)

Kedua, menggunakan putih telur. Putih telur mengandung vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit. Berkat kandungan tersebut, putih telur dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata. Berikut cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan putih telur. Oleskan putih telur pada bagian mata yang menghitam. Biarkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

Ketiga, madu. Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata, kulit di area tersebut bisa menjadi cerah lagi. Cara menghilangkan mata panda dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

Keempat, menggunakan the hijau. Kantung mata juga dapat dihilangkan menggunakan the hijau, caranya gunakan dua kantong teh bekas kamu minum dan masukan ke dalam freezer. Lalu gunakan kantong teh dingin di masing-masing mata. Cara menghilangkan mata panda dengan Teh hijau memiliki tannin dan astringent properties yang membantu mencegah pelebaran pembuluh darah dibawah mata. Teh hijau ini juga dapat membantu menghilangkan kantung mata di pagi hari.

Kelima, kunyit. Kunyit mengandung sifat antibakteri dan membantu mencerahkan kulit. Cara menghilangkan mata panda adalah campurkan kunyit dan minyak almond lalu aplikasikan di bawah mata. Gunakan ini dua kali seminggu untuk menyingkirkan mata panda.

(Baca juga: Tips memilih masker cegah covid-19)

Keenam, menggunakan tomat. Buah satu ini memiliki asam sitrat yang ringan dan lembut untuk digunakan di area bawah mata. Buah dengan asam sitrat memiliki sifat pemutih. Cara menghilangkan mata panda sangat mudah ambil sepotong tomat dan letakan dibawah mata hingga meresap. Setelah selesai, bersihkan dengan air dingin dan oleskan krim mata.

Nah itu tadi beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata, mudah bukan? Kalian tinggal memilih bahan mana yang paling mudah dicari, dan cara mana yang kalian inginkan. Asalkan kita ulet dan disiplin menggunakannya sebelum tidur, Insyaallah kantung mata akan hilang dengan berkala. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: winnetnews.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post