Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Kulit

Penulis: Rintan Setyo Minarti*

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan jenis buah dan sayuran, yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, maupun kecantikan. Buah yang satu ini salah satu hasil bumi yang sangat baik dikonsumsi baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Alpukat atau avokad merupakan salah satu buah paling bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Meskip tak jarang buah ini sering disebut menggemukkan, nyatanya buah yang memiliki rasa seperti mentega ini justru mengandung banyak nutrisi baik. Tak jarang pula Alpukat populer sebagai bahan perawatan kecantikan alami seperti masker wajah dan krim creambath. Yuk simak apa saja manfaat alpukat bagi kecantikan.

(Baca juga: Apa manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin?)

Pertama, dapat melindungi kulit dari radikal bebas.Alpukat memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin C dan E tubuh setiap hari. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari aktivitas radikal bebas. Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya juga memiliki khasiat serupa.

Kedua, menjaga ketahanan kulit.  Buah Alpukat juga mengandung antioksidan dan karotenoid seperti alfakaroten dan betakaroten, betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin. Nutrisi-nutrisi ini memberikan perlindungan kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan.Kadar karotenoid yang baik dalam makanan ini juga terbukti dapat meningkatkan kepadatan dan ketahanan kulit.

Ketiga, melembutkan kulit. Alpukat mengandung asam oleat, asam lemak sehat yang bertugas membantu regenerasi sel epidermis dan menjaga kelembutannya hingga ke tingkat sel.

(Baca juga: Yuk Simak Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Teh)

Keempat,  dapat mengurangi keriput di wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan menggunakan minyak alpukat. Hal ini dikarenakan minyak alpukat kaya vitamin yang mampu membantu menumbuhkan dan melembapkan kulit. Minyak alpukat ini mampu mengurangi keriput secara perlahan jika digunakan secara rutin.

Nah itu tadi beberapa manfaat alpukat bagi kecantikan kulit ya sahabat. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: health.detik.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post