Terinspirasi Gus Robith Qoshidi, Lc, Alumni Nuris Ambil Jurusan Sosiologi

Kuliah dengan Beasiswa Penuh, Alumni Ini Selesaikan Kuliah Tepat Waktu

Pesantren Nuris- Alumni Nuris selalu saja memiliki kisah hidupnya yang menarik. Begitupun dengan alumni yang satu ini, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2012 ini bernama lengkap Erwin Diana. Semasa menempuh pendidikan di Pesantren Nuris Jember, Diana (panggilan akrab Erwin Diana) dikenal dengan sosok yang rajin, ramah, serta suka bercanda.

Diana juga pernah aktif membantu dalam kepengurusan di Asrama Dalem Barat semasa sekolah, ia menjadi pengurus di bagian taklim. Yakni pengurus yang bertugas di madrasah diniah pesantren, seperti bagian administrasi diniah, controlling pengajar diniah (kurikulum), juga mentertibkan santri yang terlambat.

(Baca juga: Jadi dokter di RSU Kaliwates, Alumni Nuris ini tanggapi konsep new normal)

“Sebagai santri saya senang sekali bisa ikut serta dalam kepengurusan, karena tidak semua mendapat kesempatan seperti ini,” ujarnya

Setelah lulus ia kemudian mendaftar kuliah melalui jalur beasiswa bidik misi, dan berkat kerja keras serta doa dukungan dari kedua orang tua, akhirnya ia berhasil meraih bidikmisi di UTM (Universitas Trunojoyo Madura) mengambil jurusan Sosiologi.

Ia mengaku mengambil jurusan tersebut karena terinspirasi dari Pengasuh Pesantren Nuris Jember yakni Gus Robith Qoshidi, Lc.

(Baca juga: Berharap berkah kyai alumni nuris mengabdikan diri di almamater tercinta)

“Semasa sekolah di SMA Nuris Jember saya siswa di jurusan IPS, saya sempat beberapa kali diajar oleh Gus Robith, beliau sangat bersahaja, dalam menjelaskan materi juga sangat bagus sehingga dapat benar-benar dimengerti oleh siswa. Gus Robith membuat saya semangat memperlajari sosiologi, dan Alhamdulillah mimpi saya tercapai dapat diterima dijurusan sosiologi, dengan beasiswa pula, ini merupakan nikmat yang sangat luar biasa, saya senang bisa sedikit meringankan orang tua untuk masalah biaya,” ujar anak kedua dari tiga bersaudara tersebut.  

Selain sebagai mahasiswa di UTM, Diada juga merupakan aktivis di PMII. Baginya aktif di organisasi itu penting, karena dapat menjadi bekal hidup di masyarakat nantinya.

Gadis kelahiran Bondowoso, 2 September 1993 ini meneliti tentang modal sosial makanan khas tape di Desa Kerang Kecamatan Sukasari Kabupaten Bondowoso, lalu mengambil judul “Modal Sosial dalam Pemasaran Makanan Khas Tape” untuk tugas akhir skripsinya. Akhirnya berkat kerja kerasnya menyelesaikan tugas akhir, ia pun lulus dan diwisuda pada tanggal 9 September 2016 di Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura.

Setelah lulus, Diana bekerja di Indovision di Jalan Raya Ngagel Surabaya sebagai admin. Kemudian ia pindah ke Kabat Banyuwangi yakni di UD Zakariya hingga sekarang. Diana pindah ke Banyuwangi setelah menikah dengan pujaan hatinya pada 18 Januari 2019 lalu. [Red.Dev]

Biodata
Nama : Erwin Diana
Lembaga: SMA Nuris Jember
Kuliah: Jurusan Sosiologi, Universitas Trunojoyo Madura
Karier: Bekerja di UD Zakariya Banyuwangi
Alamat : Jalan Licin Dusun Kejoyo Desa Tambong Kec Kabat Kab Banyuwangi

Related Post