Solusi Mengatasi Masalah Jerawat

Penulis: Tegar Ramadani*

Jerawat merupakan salah satu hal yang paling dibenci oleh semua kalangan. Apalagi kalanga remaja. Jerawat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya 1) jarang mencuci muka, 2) akibat berlebih makan makanan yang mengandung lemak, 3) stress dan banyak lagi lainnya.

Banyak remaja yang mengambil jalan pintas untuk menghilangkannya yaitu dengan cara dipencet hingga keluar jerawat tersebut dari kulit. Pasalnya hal tersebut justru akan berdampak buruk pada kulit dan akan mengakibatkan peradangan, dan setalah peradangan selesai akan menimbulkan bercak hitam di daerah wajah.

(Baca juga: Apa arti warna favoritmu bagian 2)

Selain cara yang sangat ekstrim tersebut, banyak juga dari remaja masa kini menggunakan produk-produk yang berbahan kimia untuk menghilangkan jerawat tersebut. Padahal produk tadi sangatlah tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang.

Dilihat dari lingkungan sekitar ternyata ada salah satu bahan yang sangat mudah sekali dijumpai yaitu sebagai bahan alami penghilang jerawat yakni air sisa cucuian beras.

Kegunaan air cucian beras untuk wajah berjerawat bisa membantu menyembuhkan, mendinginkan kulit, dan mencerahkannya. Sebab, air beras berfungsi sebagai astringent pada kulit sehingga dapat mengencangkan kulit. Kandungan air beras pun terdapat allantoin yang berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

(Baca juga: Apa arti warna favoritmu bagian 1)

Cara yang digunakan untuk mengunakan air sisa cucian beras ini pun cukup mudah yaitu hanya mengendapkan sisa air beras tadi, setelah mengendap kemudian airnya dibuang kemudian ambil endapan dan gunakan sebagai masker.

Selain digunakan sebagai masker air cucian beras juga bisa digunakan berbagai macam hal lain yakni 1) mencegah sembelit, 2) mencegah iritasi kulit, 3) sebagai Toner waja, 4) mencerahkan kulit hitam, 5) memperbaiki rambut rusak, 6) melatih anak jelang MPASI, 7) dan menenengkan kulit penderita eksim.

Sumber gambar: merdeka.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik dan KIR

Related Post