Jejaring Alumni Pesantren; Refleksi Harlah IMAN

 Penulis: M. Izzul Aroby*

Tepat pada tanggal 7 Juli 2020, IMAN ( Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris ) merayakan hari jadi yang ke-4. Usia yang masih belia dengan karya yang luar biasa.  IMAN adalah satu dari banyak himpunan alumni pesantren yang berkiprah di perguruan tinggi.[08/7/2020]

Jejaring alumni pesantren merupakan fenomena unik sejak era awal peradaban Islam di Nusantara. Masyhur kisah tentang alumnus pesantren Ampeldenta asuhan Sayyid Ali Rahmatullah (Sunan Ampel) yang berhasil menjadi pelopor Islam di Tanah Jawa. Hal tersebut dibuktikan dengan nama-nama beken seperti, Raden Qosim (Sunan Drajat), Raden Fatah (Raja  Kerajaan Demak) hingga Prabu Satmata (Sunan Giri dan pendiri Giri Kedaton) adalah jebolan pesantren Ampeldenta.

Nahdlatul Ulama’ (NU) yang saat ini menyandang predikat ormas terbesar di Indonesia, mempunyai anggota lebih dari 108 juta orang (LSI Denny JA 2019) didirikan dan dibesarkan oleh santri syaikhona Kholil Bangkalan.  Di antara santri alumninya tersebut adalah KH. Hasyim Asyari,  KH. Wahab Hasbullah, KH. Abdul Karim lirboyo, dan masih banyak lagi. Selain sebagai penggerak NU, beliau adalah garda depan dalam usaha memerdekakan Indonesia dari penjajahan.

(baca juga: Ambil Kursus Komputer Setelah Lulus, Aluni Nuris Sukses Berkarier di Kantor Notaris)

Berangkat dari peristiwa tersebut, jaringan alumni pesantren mempunyai kekuatan besar yang dapat berpengaruh bagi pergerakan masyarakat dan negara.

Orang bijak berkata “setiap zaman mempunyai tantangannya masing masing”. Alumni Santri Ampeldenta mempunyai misi meng-Islamkan Nusantara. Alumni Santri Syaikhona Kholil memmpunyai misi memerdekakan bangsa sekaligus menjaga akidah ahlussunnah wal jamaah. Lalu apa misi santri era saat ini? Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa misi alumni pesantren saat ini adalah menjadi pemimpin di berbagai lini.  Pemimpin di kampus masing-masing hingga pemimpin di masyakarat dengan mengibarkan bendera Ahlussunnah wal jama’ah.

IMAN adalah investasi yang dilakukan Pesantren Nuris Jember guna menyatukan langkah bergerak bersama demi agama dan negara. Selamat ulang tahun untuk IMAN,  terus berbenah dan menghasilkan karya terbaik.

*Penulis adalah anggota IMAN, alumni MA Unggulan Nuris tahun 2017

Related Post