Sepenggal Kisah Menarik Juara Futsal antara Santri Tahfiz dan Santri Asal Thailand

Kemeriahan Agenda Lomba Internal Nuris dalam Jeda Semester Ganjil dan Genap Tahun 2020

Pesantren Nuris – Ada yang menarik dari berbagai kegiatan perlombaan internal jeda pascaujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan serentak lima lembaga besar Yayasan Nurul Islam Antirogo, Jember, sejak akhir bulan Juni hingga pekan kedua bulan Juli 2020.[18/7/2020]

Dari sekian perlombaan yang heboh dan meriah, perlombaan futsal di lembaga MA Unggulan Nuris terbilang kejutan dan atraktif. Betapa tidak, tim peserta yang terus bersaing hingga babak final adalah tim yang cukup berstatus underdog dalam peristilahan dunia olahraga sepakbola atau futsal. Padahal tim dari kelas lain berisi pemain-pemain yang memang bergelut di ekstrakurikuler futsal yang notabene sering ikut kompetisi di luar Nuris.

Kenyataannya, tim peserta yang mulus sampai berjuang merebutkan tahta juara pekan lomba internal lembaga akhir tahun pelajaran 2019/2020 adalah kelas X PK 4, merupakan kelas khusus tahfizul Qur’an, melawan kelas X PK 3, merupakan kelas bilingual dan kebanyakan diisi santri asal Thailand. Bagi tim kelas X PK 4, masuk babak final adalah sebuah peluang besar yang mengejutkan. Mereka diluar dugaan mampu menaklukkan kelas-kelas yang berisi pemain senior yang lebih berpengalaman.

(baca juga: Tim Futsal Nuris Juara 1 Turnamen Pesantren RMI NU Jember Usai Gasak PP Miftakhul Ulum 3-2)

Namun, capaian sampai babak final khusus tim kelas X PK 3 memang layak sebab sejak awal kompetisi permainan mereka sangat solid dan trengginas. Secara postur fisik mereka tampak tinggi dan dominan, bahkan secara permainan mereka sudah menguasai teknik dasar futsal sehingga dengan mudah menguasai lapangan dan permainan.

“Mereka jauh-jauh dari Thailand sekolah di MA Unggulan Nuris memang andalan dalam olahraga futsal selain ngajinya di pesantren. Mereka mampu menggilas lawan di babak final hingga dengan skor telak yakni, 4-0. Ternyata, tidak hanya timnas senior Thailand ya yang serem ketika pertandingan olahraga futsal atau sepakbola se-Asia Tenggara ini, santrinya pun juga hebat.” Ungkap Ustaz Irwan, selaku ketua penyelenggara lomba ini.

Jeda PAT Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ini diisi dengan banyak perlombaan dalam mengisi waktu yang positif dan menyenangkan. Apalagi di tengah terpaan pandemi covid-19 yang belum memberikan sinyal akan berakhir. Setiap lembaga seperti SMP, MTs Unggulan, SMA, dan SMK Nuris Jember juga menyelenggarakan lomba yang menarik.

Lomba-lomba tersebut di antara, solo vocal, grup vocal, bola voli, olimpiade fisika, matematika, bioteknologi dan inovasi, tilawah, baca kitab Fathul Qorib, pembacaan nadhom imrithi dan alfiyah, cerdas cermat aswaja dan banyak lomba yang kompetifif serta menghibur lainnya. Semua siswa tiap lembaga antusias dengan semua perlombaan tersebut. Apalagi Sabtu kemarin penyerahan piala dan penghargaan juga.[AF.Red]

dokumentasi pertandingan babak final lembaga MA Unggulan Nuris
Related Post