Kuliah di Universitas Gadjah Mada, Alumni Ini Juga Jadi Guru Ngaji

Barokah Kyai, Alumni Nuris Ini Lolos Beasiswa PBSB

Pesantren Nuris- Alumni Nuris yang satu ini adalah seorang gadis asli Panarukan Situbondo. Ketika bertemu denganya logat Bondowoso nya sangat kental terdengar. Ketika nyantri di Pesantren Nuris Jember, ia terbilang salah satu santri yang aktif mengabdi di dhalem pengasuh dan juga membantu pengurus pesantren, yakni di bagian divisi taklim dan kebersihan, pembawaannya yang kalem membuatnya memiliki banyak teman akrab di pesantren. Yuk simak liputan lengkapnya.

(Baca juga: Jadi ASN di balikpapan, alumni ini lulusan magister pendidikan)

Sofi Hikmatus Zahro, merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2010. Ketika lulus dari SMA Nuris Jember ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia yakni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta jurusan teknologi pertanian. Perempuan kelahiran Situbondo, 17 Mei 1992 ini menjadi salah satu santri yang beruntung karena dapat lolos beasiswa santri berprestasi (PBSB) yang diadakan oleh KEMENAG RI.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) ini merupakan beasiswa yang ditujukan bagi lulusan Madrasah Aliyah (sederajat) binaan pondok pesantren jurusan IPA, IPS, Bahasa,dan Agama. Serta lulusan pondok pesantren muadalah dan ponpes salafiyah. Beasiswa ini akan diberikan secara penuh selama empat tahun.

“Perasaan saya mendapat beasiswa ini, awalnya kaget, terharu, senang, bersyukur, bangga dan tidak menyangka bisa mendapatkn beasiswa itu. Karena tidak semudah yang dibayangkan mengalahkan beribu santri se-Jatim,” ujarnya.

(Baca juga: Keren! alumni nuris ini alumni universitas gadjah mada lho!)

Perempuan yang akrab dipanggil Sofi ini mengaku, ia merasa tertantang harus hidup jauh dari keluarga besarnya, meski sebelumnya ia sudah terbiasa berada di Pesantren Nuris Jember, karena di Yogyakarta lingkungan dan budaya yang berbeda.

“Belajar jauh dari keluarga harus punya mental mandiri dan punya jiwa semangat belajar tinggi, selain itu kita juga harus pandai-pandai megatur keuangan,” tambahnya. Selain menjadi mahasiswa di UGM, Sofi juga pernah mengajar di salah satu TPQ di dekat kosannya, hal tersbut supaya ia dapat mengamalkan ilmu agama yang ia pelajari di Pesantren Nuris Jember.

Untuk tugas akhir kuliahnya, ia meneliti tentang  DAS (Daerah Aliran Sungai), dengan judul penelitiannya “Prediksi Debit Pada Daerah Aliran Sungai Menggunakan Model Mock”. Berkat kerja kerasnya ia berhasil lulus dan di wisuda pada tanggal 18 Mei 2016.

Tak hanya soal dirinya, ia pun memberi pesan untuk adik-adik santri di Pesantren Nuris Jember.

“Untuk adik-adik santri Nuris, tetap semangat belajar, jangan pantang menyerah. Belajar sambil berdoa itu kuncinya, Semoga Nuris sekalin jaya dan sukses selalu,” ujarnya mengakhiri wawancara via whatsaaps dengan wartawan pesantrennuris.net. [Red.Dev]

Biodata
Nama: Sofi Hikmatus Zahro
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2010
Kuliah: Jurusan Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Tempat, tanggal, lahir: Situbondo, 17 Mei 1992
Alamat: Desa Alasmalang Timur RT 01 RW 05, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Related Post