Pernah Diamanahi Ketua Umum Pengembangan Bahasa Arab, Alumni Nuris ini Akhirnya Raih Sarjana

Tekun Mengaji Kitab Alfiyah, juga Mantap Ingin Hafalkan Alqur’an 30 Juz Usai Raih Sarjana

Pesantren Nuris – Kabar membanggakan datang dari alumni Nuris yang satu ini. Di sela jadwal kuliah yang padat, ia masih sempat menekuni hafalan nadhom kitab karangan Ibnu Malik, Alfiyah, selain itu juga menghafalkan Al qur’an. Berkat semangatnya itu, ia mampu raih gelar sarjananya di akhir bulan juli 2020 lalu. Siapakah gerangan? Yuks, baca terus profil ini!

Atana Dina Kumala adalah lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan program keagamaan (PK), tahun 2016 silam. Usai menamatkan studi di salah satu lembaga formal di Pesantren Nuris Jember tersebut, gadis cerdas dan cantik ini meneruskan perjuangan studi sarjananya di salah satu kampus ternama yakni, Universitas Yudharta Pasuruan, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sebagai penyemangat dalam langkah menempuh pendidikan sarjananya adalah pesan dari KH. Sholeh Bahruddin yakni, Gembul Wong Kudu Iso Nguwongno Wong. Pemudi kelahiran Jember, 22 Januari 1998 tersebut tidak sekadar kuliah, dia juga aktif di organisasi sebagai wadah pengabdiannya. Tak heran, dia pernah diamanahi sebagai ketua umum pengembangan bahasa Arab di asrama tempatnya nyantri.

(baca juga: Jadi ASN di Balikpapan, Alumni ini Lulusan Magister Pendidikan)

Selain itu, gadis beralamat Jenggawah ini pula pernah dipercaya sebagai ketua umum pengembangan bahasa asing, sebuah organisasi yang mewadahi santri untuk bergiat dalam meningkatkan potensi bahasa asing seperti bahasa Arab, Inggris, dan lain-lainnya. Tentu, ini menjadi suatu pengalaman yang membanggakan di sela waktu studi sarjana mampu mengemban amanah yang cukup berat itu.

Visi pribadi Atana, sapaan akrabnya, juga ingin terus mampu mengkhatamkan kitab alfiyah, konon kini sudah hafal 750 bait. Tak cukup di situ, dia juga memulai untuk menghafalkan Alqur’an. Meski demikian, perempuan yang juga ternyata hobi menyanyi ini tetap mampu menuntaskan studi sarjananya dalam waktu yang terbilang tepat.

Dia menuntaskan skripsi berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Santri dalam Pengembangan Bahasa Asing di Pondok Pesantren Ngalah”. Usai mempertanggungjawabkan hasil temuannya di hadapan para dosen penguji, tepat pada tanggal 24 Juli 2020 lalu, akhirnya dia dinyatakan lulus dan raih sarjana.

“Alhamdulillah akhirnya lulus, bahagia dan bangga sekali. Usai ini saya punya rencana untuk meneruskan hafalan Alqur’an saya sampai 30 juz. Saya ingin menghadiahkan semua ini untuk kedua orangtua yang telah mengasihi selama ini. Semoga ke depannya dimudahkan dan segala hajat yang terbaik dikabulkan. Amin.” Tutur Atana.[AF.Red]

Nama                    : Atana Dina Kumala

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, lulus tahun 2016

Kuliah                   : Universitas Yudharta Pasuruan, jurusan PAI      

Related Post