Ini Dia Lima Hal Penyebab Tidurmu Tak Berkualitas

Penulis: Deli Annisa Virca*

Assalamualaikum sahabat santri, bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu sehat ya.  Nah kali ini kita akan ulas tentang apa saja penyebab tidur kita tidak nyenyak. Pernahkah sahabat santri merasa pusing ketika bangun tidur? Atau merasa badan sakit dan tidak fresh setelah bangun tidur? Itu merupakan salah satu akibat tidur sahabat tak berkualitas! Lalu apa saja sih penyebabnya, yuk simak ulasan berikut!

Istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan dambaan setiap orang, karena dapat meningkatkan usia dan terhindar dari penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Nah berikut adalah hal-hal yang membuat tidur kita tak berkualitas nih sahabat.

(Baca juga: manfaat alpukat untuk kecantikan kulit)

Pertama, stres dan memikirkan banyak hal sebelum tidur. Nah stress merupakan hal yang menjadi salah satu penyebabnya. Otak akan terus bekerja jika banyak memikirkan hal-hal yang dapat membuat kita stress. Dampaknya akan memicu mimpi, terbangun, dan membuat badan lemas setelah bangun tidur.

Kedua, Tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah juga menjadi faktor tidur kita tak berkualitas, ketika tekanan darah rendah, itu akan mengganggu sirkulasi oksigen ke otak yang membuat penderitanya sering merasa lemas.

Ketiga, Terlalu banyak makan makanan “berat” di malam hari. Wah selain akan membuat berat badan kita semakin bertambah, mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur juga membuat tidur kita tak nyenyak loh.  Oleh karenanya kontrol porsi makan di malam hari agar tak membuat tubuh bekerja keras untuk mencerna.

(Baca juga: manfaat di balik pahitnya tumbuhan pare)

Keempat, konsumsi kafein berlebih. Biasanya para penikmat kopi tak akan tau waktu untuk menikmati kopinya. Hmm… ternyata Kopi dapat mengurangi waktu tidur karena kafeinnya yang bikin melek dan membuat kamu kekurangan cairan tubuh karena bersifat diuretik loh. Jadi jangan ngopi sebelum tidur ya sahabat, supaya tidurmu nyenyak.

Kelima, Hipoglikemia. Hipoglikemia merupakan gejala kadar gula yang terlampau rendah bisa membuat badan lemas hingga kehilangan kesadaran, lho!

Nah itu tadi lima hal yang menjadi penyebab kurang berkualitasnya tidur kita yah, alangkah baiknya kita kurangi nih kebiasaan yang mungkin dapat membuat istirahat kita tak berkualitas, supaya dapat bangun tidur dengan segar bugar dan siap memulai aktivitas baru. Semoga bermanfaat!

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post