Lima Penawar Racun Alami dari Alam

Penulis: M. Ainul Fikri*

Asslamualaikum sahabat santri, kalian pasti pernahkan keracunan? Keracunan menjadi gangguan kesehatan yang seringkali tak terduga kedatangannya. Dan apabila kita terkena racun tersebut bagaimana yang akan kita lakukan untuk menyembuhkannya? Nah berikut lima bahan-bahan alami yang dapat menjadi penawar racun sahabat!

Air kelapa
Ada sejumlah gejala yang timbul akibat keracunan makanan, mulai dari sakit kepala, diare, muntah-muntah dan lain-lain. Jika tidak segera ditangani, gejala-gejala tersebut menimbulkan dehidrasi parah. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, seseorang yang mengalami keracunan makanan harus minum air putih agar cairan tubuh tetap normal. Namun, minum air putih saja terkadang tidak cukup untuk mengembalikan elektrolit yang hilang akibat diare maupun muntah-muntah.

(Baca juga: manfaat di balik pahitnya tumbuhan pare)

Oleh sebab itu, air kelapa sering dicari untuk menangani masalah kurangnya elektrolit akibat keracunan makanan. Kandungan elektrolit di dalam air kelapa mampu mengembalikan jumlah elektrolit yang telah hilang, sehingga seseorang bisa pulih lebih cepat. Air kelapa mengandung sejumlah zat yang membantu proses detoksifikasi dalam saluran pencernaan yang terpapar racun dari makanan.

Minyak kelapa
Minyak kelapa dapat melawan bakteri, parasit dan racun. Minyak kelapa pun telah terbukti dapat menyembuhkan luka. Untuk menyembuhkan luka tersebut cukup oleskan minyak kelapa pada area yang terkena gigitan lalu bungkus dengan perban.

Alpukat
Jika kamu suka mengonsumsi alpukat, maka bagus, karena sangat kaya dengan anti-oksidan dan nutisi lainnya. Beberapa studi menyatakan bahwa asam lemak pada alpukat dapat menjaga kerusakan oleh d-galactosamine, racun hati yang sangat kuat. Selain itu, asam lemak dalam alpukat juga dapat melumasi dinding usus besar. Oleh karena itu, racun pada tubuhmu akan mudah keluar sehingga lancar BAB. Kamu dapat menyantapnya dengan di jus dan bervariasi sendiri sesuai dengan seleramu.

(Baca juga: apa manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin?)

Kunyit
Kunyit termasuk dalam salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia kunyit dijadikan bumbu masakan hingga minuman seperti jamu. Namun, manfaat kunyit tak hanya sebatas itu saja. Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi air kunyit. Tak hanya saat terkena racun saja, air kunyit juga bisa untuk pemulihan.

Kemangi
Kemangi sangat bersahabat dengan ginjal kita. Dalam tubuh, ginjal memainkan peran penting dalam menghilangkan produk limbah dan racun yang ada dalam aliran darah kita. Makanan yang membutuhkan proses yang tinggi secara otomatis juga akan memberatkan kerja ginjal kita.

Nah, dengan mengonsumsi kemangi kita telah memberikan nutrisi pada tubuh. Kemangi adalah tanaman herbal yang mampu membantu membersihkan racun yang terjebak dalam ginjal. Kemangi adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh di rumah. Untuk menikmatinya, kamu bisa menjadikan kemangi sebagai campuran masakan dari sayuran dan juga campuran smoothies sayuran.

Penulis merupakan siswa kelas XI TKJ SMK Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post