Opick: Berdakwah Melalui Lagu Religi

Penulis: Safanatus Saniyyah*

Siapa yang tak kenal dengan pria kelahiran Jember,16 Maret 1974 ini. Beliau merupakan salah satu penyanyi religi dan pendawah yang sangat populer. Pemilik nama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus atau kerap dipanggil opick ini dikenal melalui salah satu karyanya Dealova yang dinyanyikan oleh Once Mekel.

(Baca juga: Belajar semangat menuntut ilmu dan berkarya dari maudy Ayunda)

Tak sampai disitu saja, pada tahun 2005 Opick merilis album pertamanya yang berjudul Istigfar, dan di situ beliau juga memasukkan lagu yang berjudul Tombo Ati. Aktif dalam merilis lagu religi beliau dinobatkan sebagai duta grup musik islami oleh lembaga ANN (nasyid nusantara).

Namun siapa sangka, pendakwah sekaligus penyanyi religi ini dulunya adalah seorang penyanyi rock dan pernah bergabung dengan grup band anak rock asal Jember. Kariernya  dimusik rock yang terombang ambing membuat beliau berpindah untuk mempelajari lagu-lagu nasyid, dan kini kariernya pun kiat melejit.

(Baca juga: oki setiana dewi: muda bertalenta sosok inspiratif muslimah indonesia)

Ustadz Arifin Ilham merupakan salah satu ulama yang sudah dianggap sebagai kakak oleh Opick. Beliau merangkul Opick untuk berhijrah dari penampilannya yang urakan menjadi lebih baik dan mempercayai Opick untuk membawakan lagu religi. Itulah beberapa alasan Opick untuk berhijrah dari musik rock menjadi religi.

Sumber gambar: nawaciptapost.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post