Sejarah Masjid Ajaib Tiban Turen Malang

Penulis: Dimas Ainul Fikri*

Masjid Tiban siapa orang yang tidak mengenal dengan masjid ini? yang terletak di jalan KH.Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10,RT 07/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen Malang, Jawa timur.

Masjid sekaligus Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah. Masjid itu disebut sebagai Masjid Tiban yang konon pembangunannnya dipercaya oleh mahluk gaib. Dikabarkan bangunan ini dibangun oleh bantuan jin dalam satu malam, tetapi kabar ini hanyalah rumor. 

(Baca juga:sejarah palang merah indonesia)

Menurut pengakuan warga sekitar, jin yang dimaksud adalah para santri dari Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang lokasinya berada satu kawasan dengan Masjid Tiban Turen.

Dulunya saat pembangunan masjid ini memanglah tertutup, jadi saat masjid ini dibuka masjid tersebut setengah jadi. Warga sekitar juga melihat beberapa mobil pengangkut barang atau yang sering kita sebut dengan pickup membawa beberapa bahan bangunan tetapi sepertinya hanya beberapa yang melihat kejadian itu. Kalau alat berat memang tidak pernah ada, tapi tiba tiba sudah jadi bangunan besar.

Dari 10 lantai, lantai 1 merupakan tempat istirahat dan mushala, lantai 2 berisi loket, ruang istirahat, ruang makan, dan dapur, lantai 3 berisi muhsala, akuarium, dan kebun binatang mini. Sedangkan lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh,  lantai 5 terdapat mushala, lantai 6 merupakan ruangan istirahat untuk santri, lantai 7 dan 8 berisi toko milik pesantren, lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai leereng gunung, dan lantai 10 adalah puncak gunung.

(Baca juga: sejarah awal mula adanya mukena di indonesia)

Arsitek dari pembangunan Masjid Tiban Turen ini bukanlah seseorang yang belajar dari ilmu arsitektur perguruan tinggi, melainkan hasil dari istikhoroh pengasuh, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh. Oleh karena itu, bentuknya menjadi sangat unik, seperti perpaduan Timur Tengah, China, dan modern yang menjadikan masjid ini sangat elegan. Pembangunan masjid ini pun tidak menggunakan alat-alat berat dan modern seperti halnya untuk membangun gedung bertingkat. Semuanya dikerjakan oleh para santri yang berjumlah 250 orang dan beberapa penduduk di sekitar pondok.

selain itu masjid tiban adalah salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Berbagai wisata memang bisa anda pilih dimanapun tempatnya sesuai dengan keinginan anda mulai dari wisata alam, wisata sejarah, bahkan wisata yang unik lainnya.  Selain berwisata, kita bisa belajar lebih tentang sejarah agama Islam atau tempat-tempat yang berhubungan dengan suatu agama agar kita bisa menambah ilmu pengetahuan. Nah, jika anda sedang berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya untuk datang ke Masjid Tiban yang mempunyai kisah unik.

Keanggunan masjid ini adalah salah satu objek yang harus kita syukuri atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita sebagai hamba-Nya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber gambar: candi.id

Penulis merupakan siswa kelas XI TKJ SMK Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post