Sempat Mengajar, Mantan Ketua BEM Ini Kini Berkarier di Kemensos

Gemar Berorganisasi Sejak SMP, Mulai dari Sekretaris OSIS hingga Ketua BEM

Pesantren Nuris- Bagi alumni SMP Nuris Jember 2003 dan SMA Nuris Jember lulusan 2006 barang kali tak asing dengan alumni Nuris yang satu ini. Wanita cantik asli Bondowoso ini memiliki nama lengkap Arini Iflahah.

Ia merupakan alumni SMP Nuris Jember lulusan tahun 2003 dan SMA Nuris Jember lulusan tahun 2006, jurusan IPA. Selain menjadi santri ia juga aktif menjadi pengurus di Pesantren Nuris Jember putri dari tahun 2003 hingga 2006.

Tak hanya itu ia juga sepat menjabat sebagai sekretaris OSIS SMP Nuris Jember periode 2001 hingga 2003, anggota OSIS SMA Nuris Jember periode 2004 hingga 2006, anggota ROHIS SMA Nuris Jember 2004 hingga 2006 dan aktif di majalah santri MADANI, KIR dan Kaligrafi.

(Baca juga: pelan tapi pasti, kisah sukses alumni nuris dari mekanik hingga kepala kantor pos cabang mumbulsari)

Selain aktif berorganisasi, wanita cantik ini juga berprestasi, ia pernah meraih juara 1 lomba kaligrafi se-Kabupaten Jember tahun 2004 dan masuk 20 besar lomba kaligrafi dan MTQ se-Jawa Timur tahun 2005 mewakili Pesantren Nuris Jember dan tentunya Kota Jember juga.

“Dulu saya senang sekali belajar seni kaligrafi, apalagi jika dibimbingan guru seni favorit saya, Ustad Mufid kala itu,” ungkapnya.

Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, ia kemudian mengambil jurusan FKIP Biologi di Universitas Muhammadiyah Jember. Wanita kelahiran Bondowoso, 18 November 1987 ini mengaku menyukai biologi sejak duduk di bangku SMA Nuris Jember, ditambah lagi ia terinspirasi oleh guru biologi favoritnya yakni bu Erlia Narulita, S.Pd., M.Si. PhD

“Sejak dulu saya suka dengan ilmu tentang kehidupan, says suka biologi juga karena terinspirasi dari guru biologi SMA Nuris Jember (kala itu) yang keren yakni bu Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D.,” ujarnya.

(Baca juga: buah kerja keras dan kegigihan, alumni nuris kini jabat supervisor)

Ketika menjadi mahasiswa, ternyata jiwa organisasinya semakin kuat. Ia pun mengikuti beberapa kegiatan organisasi di kampusnya, antara lain HMJ FKIP (Himpunan Mahasiswa Jurusan)  tahun (2006 -2007), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) (2006 – 2009), BEM-F (Badan Eksekutive Mahasiswa-Fakultas) (2007 – 2008), Gubernur/Ketua BEM-FKIP  (2008 – 2010). Ia juga pernah menjadi panitia “Soft Skill Mahasiswa” Universitas Muhammadiyah Jember (2008-2009) dan juga sebagai asisten Dosen Laboratorium FKIP Biologi UMJ (2007 – 2010).

Meski seabrek kegiatan, ia tak lantas melupakan tujuan utamanya, ia kemudian mengambil judul “Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Introduction (PBI) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Jember Kelas VII D Tahun Ajaran 2009/2010″ untuk judul skripsinya. Berkat skripsinya tersebut, ia kemudian lulus menjadi sarjana pendidikan pada tahun 2010.

Setelah lulus dari kuliahnya, ia sempat mengajar di MTs Unggulan Nuris tahun 2010 hingga 2011. Dan saat ini ia bekerja sebagai pendamping sosial PKH Bondowoso dari tahun 2018 hingga sekarang.

Ia juga membagi sedikit cerita tentang masa di mana ia menjadi santri di Pesantren Nuris Jember. “ Masa selama di Pesantren Nuris Jember adalah masa yang paling menyenangkan. Mengajarkan kebersamaan yng sangat kental bersama teman, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kita melakukan banyak hal bersama, bukan sendiri. Banyak ilmu yang didapat selama di pesantren, selain basic ilmu agama, kita juga belajar bersosialisasi dan pembentukan karakter diri,” ujarnya

“Untuk adik-adik santri, mungkin kalian akan merasa berat saat ini dengan belajar di pesantren, tapi percayalah, masa-masa di pesantren menghadirkan banyak pengalaman menarik dan menyenangkan yang akan sangat kalian rindukan suatu saat nanti. Jadi nikmati masa-masa kalian di pesantren dengan belajar yang baik, serap semua ilmu yang ada di sana, bukan hanya ilmu pelajaran tapi ilmu kehidupan.Yang terakhir,  jangan lupa bahagia dan selalu bersyukur ya,” ujarnya mengakhiri wawancara dengan tim website pesantrennuris.net. [Red.Dev]

Biodata
Nama : Arini Iflahah, S.Pd.
Tempat, tanggal, lahir : Bondowoso, 18 November 1987
Alamat : Jl. Dr. Sutomo Gg. II No. 760 Kelurahan Badean, Bondowoso
Lembaga: SMP Nuris Jember, 2013 dan SMA Nuris Jember 2006
Kuliah: Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Jember
Karier: Guru IPA MTs Unggulan Nuris Jember (2010-2011), pendamping sosial PKH Bondowoso dari tahun 2018 hingga sekarang.

Related Post