Ini Dia Beberapa Khasiat Kulit Pisang

Penulis: Saffanatus Saniyyah*       

Pisang merupakan buah yang sangat digemari. Selain lezat pisang juga lembut dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Karena, buah ini kaya akan serat,proteinnya tinggi,juga mengandung  vitamin A, B66, mangan, potasium, folat, niasin, dan zat beberapa khasiat kulit pisang.

Selain buahnya, kulit pisang juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Oleh karena itu, setelah mengonsumsi buah pisang kulitnya jangan langsung dibuang. Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang untuk.

(Baca juga: Manfaat di balik pahitnya tumbuhan pare)

Pertama, melancarkan buang air besar. Cara terbaik untuk melancarkan proses pencernaan adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat,jadi, selain buah pisang yang kaya serat kulitnya mengandung serat.

Kedua, menghilangkan rasa gatal. Bagian dalam dari kulit pisang ketika dioleskan pada bagian kulit yang gatal akibat gigitan serangga bisa menghilangkan rasa gatal tersebut.

(Baca juga: ini dia lima manfaat daun pepaya)

ketiga, menyehatkan kulit.Karena mengandung antioksidan yang baik untuk kulit.bisa mengurangi kerutan pada kulit,dengan cara menggosok pada bagian yang diperlukan dan biarkan zatnya lengket selama 30 menit.

selain untuk mengurangi kerutan kulit pisang juga dapat menyembuhkan eksim, jerawat, psosiaris.

Keempat, membantu tidur lebih cepat.Tak perlu bersusah payah bagaimana caranya! hanya dengan mengoleskan bagian dalamnya pada kulit atau dengan cara dibilas kemudian direbus.

Kelima, melindungi mata. didalam kulit pisang juga mengandung zat lutein yang dapat menetralkan radikal bebas yang dapat merusak dan melindungi mata dari UV matahari.Hali ini dapat mengurangi katarak atau degenerasi makula seiring bertambahnya usia.

Berikut, beberapa khasiat kulit pisang untuk kesehatan.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

     

Related Post