Berwira Usaha di Bidang Pendidikan, Alumni Ini Jadi Owner Istana Edukasi

Sempat Malalang Buana dari Penerbit, Properti, hingga Buka Usaha Sendiri

Pesantren Nuris- Di dunia ini, banyak sekali profesi yang digeluti oleh manusia. Mulai di bidang politik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Apapun profesi tersebut, semuanya baik dan merupakan jalan rezeki yang diberikan oleh Allah Swt kepada para hambanya.

Alumni Nuris yang satu ini merupakan seorang sarjana pendidikan, yang mencoba keberuntungannya menjadi seorang pengusaha, yuk simak profil lengkapnya!

Ia adalah Ibnu Mas’ud. Lelaki yang akrab dipanggil Mas’ud ini merupakan alumni SMP Nuris Jember lulusan tahun 2003, dan SMA Nuris Jember lulusan 2006. Setelah lulus SMA Nuris Jember, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Jember, jurusan Pendidikan Fisika.

(Baca juga: wow jadi direktur ldmi alumni nuris ini keren banget)

Lelaki kelahiran Lumajang, 20 Desember 1988 itu, mengaku mengambil jurusan FKIP karena keinginan orang tuanya, dan sebagai anak yang baik ia menuruti keinginan tersebut. untuk tugas akhirnya ia mengambil judul “Pengembangan Microsoft Visual Basic 6.0 Untuk Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal”

“Saya mengambil judul tersebut karena memang dari awal saya suka melakukan sesuatu yang berbeda dengan orang lain, saya ingin skripsi saya berbeda. Paling tidak harus beda, atau Out of the box. Jadi saya harus cari orang yang bisa membuat Sofwera, untuk nganalisis soal itu baik atau kurang baik. Saat itu saya dibantu oleh mahasiswa D2 TI untuk membuat sofwera itu, ya alhamdulillah lancar, pekerjaannya hampir 3 bulan an. Manfaat dari penelitian ini bisa dirasakan banyak calon guru atau guru agar bisa nganalisa soal yang dia buat dan bisa memperbaikinya,” ungkapnya.

(Baca juga: jadi presiden BEM di Stikes dr Soebandi, Alumni Nuris ini organisatoris sejati)

Pada tahun 2011, ia berhasil lulus menjadi sarjana pendidikan, dan langsung bekerja di salah satu penerbit yaitu penerbit Erlangga sebagai marketing. Empat tahun bekerja di PT. Erlangga setelah itu ia mencoba untuk terjun di dunia properti selama satu tahun.

Di dunia properti, ia belum berhasil mengembangkan kariernya, akhirnya pada 2017 ia mencoba membuka usaha sendiri di bidang mainan edukasi anak.

“Ide ini saya dapat soalnya dulu waktu di Erlangga, saya pegang PAUD (TK dan KB) jadi nya punya basic produk apa aja yang dibutuhkan dan udah ada beberapa kenalan di bidang pendidikan, dan alhamdulillah 3 tahun belakangan juga jual buku. Mohon doanya, semoga tahun depan sudah punya brand sendiri” ujarnya.

“Untuk produk yang kami jual, kami masih fokus ke penjualan offline soalnya produk kami pasarnya di lembaga-lembaga pendidikan (TK dan KB) dan proyek pengadaan buku serta alat peraga pendidikan. Ini merupakan salah satu acara usaha kita mengedukasi wali murid, tujuan kami bukan hanya mencari keuntungan, tapi yang lebih utama bermanfaat buat orang lain,” tambahnya.

Kantor pemasaran milik Mas’ud ini berada di Kaliurang. Sedangkan untuk pembuatannya, ia bekerjasama dengan  pabrik, jadi mereka pesan produk sesuai keinginan, nanti dibuatkan. Mereka hanya fokus pada pemasaran saja, dan saat ini produk mereka sudah terjual di tiga kabupaten yakni Jember, Lumajang dan Banyuwangi.

TK Bina Anaprasa Nuris juga menjadi salah satu pelanggan setia produk alumni yang satu ini. “Alhamdulillah sudah ada penjualan di TK Bina Anaprasa Nuris, yakni Alat Peraga Edukasi(APE),” ujarnya.

Tak sampai di situ ia juga memberikan kesan dan pesan. “Selama menempuh studi di Nuris yang paling terasa buat saya adalah belajar disiplin, sampai sekarang saya terapkan. Dulu jadwal kegiatan sekolah dan pondok sudah ada, jadi kita harus tahu waktu belajar, istirahat dan meluangkan waktu buat sekedar bercanda sama teman-teman,”

“Pesannya untuk adik-adik, belajarlah semaksimal mungkin karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, tugas kita sebagai pelajar hanya belajar. Dan tidak kalah penting kita harus memperkuat ilmu agama karena itu merupakan pondasi kita menjalani kehidupan dimasa depan sehingga tau siapa diri kita dan apa tujuan hidup kita,” ujarnya mengakhiri. Semoga usahanya lancar, dan diberi rezeki yang barokah amin. [Red.Dev]

Biodata

Nama: Ibnu Mas’ud
Tempat, tanggal lahir: Lumajang, 20 Desember 1988
Alamat: Perumahan Griya Permata Kampus Blok D3 Kaliurang Sumbersari Jember
Lembaga: SMP Nuris Jember, 2003 dan SMA Nuris Jember 2006
Kuliah: Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jember (2006-2011)
Karier: Marketing di Penerbit Erlangga (2011-2015), Properti (2016-2017), membuka usaha Istana Edukasi (2017-sekarang).

Pamflet Istana Edukasi
Related Post