Batu dapat Menghilangkan Mules? Mitos Atau Fakta?

Penulis: Gibran Ramadhan*

Pernahkah kalian kebelet buang air besar (BAB), tapi toiletnya masih jauh atau antre? Lalu tiba-tiba  menggengam batu atau mengantonginya karena terbesit perkataan leluhur kita yang bilang kalau genggam batu atau mengantonginya akan membuat kita tidak mules lagi.

Dan dengan ajaib kita tidak mules lagi. Loh kok bisa? tapi itu kenyataan bukan? Lalu bagaimana sih penjelasannya? kok bisa rasa mules kita jadi hilang saat mengenggam batu atau mengantonginya? Yuk simak beberapa uraian di bawah ini dengan seksama.

(Baca juga: biji bunga matahari bisa atasi kanker yuk simak manfaat lainnya)

Pertama, sugesti. Sugesti adalah proses psikologis di mana seseorang membimbing pikiran, perasaan, atau perilaku orang lain. Penjalasan gampangnya seperti ini, dulu saat kita kecil kita dinasihati kalau mules menggenggam batu atau mengantonginya agar mules kita mules kita hilang.

Mungkin untuk orang dewasa hal tersebut adalah hal yang tidak masuk akal, namun bagi kita yang masih kecil hal itu masuk akal saja. Lah saat kita mempercayai bahwa menggenggam batu atau mengantonginya dapat menghilangkan mules maka seketika otak akan memproses bahwa batu tersebut adalah obat agar mules kita hilang.

Kedua, pengalih perhatian. Saat kita mules kita terlalu fokus pada suatu hal, yaitu mules sendiri. Namun saat kita mencari batu yang akan kita gunakan pikiran kita akan teralih dari mules menjadi kegiatan mencari batu.

(Baca juga: ini dia lima manfaat daun pepaya)

Sebagai contoh lain saat kita mengikuti pelajaran yang kita tidak sukai kita selalu mengecek jam dan berpikiran kapan pelajaran yang kita tidak sukai selesai. Saat itu keadaan kita sedang fokus kepada jam dan kita merasa jam berdetik lama sekali. Lalu coba kita bandingkan saat pelajaran yang kita sukai, jam bergulir begitu cepat. Lalu bagaimana kedua keadaan tersebut berbeda. Jawabannya adalah fokus tidak fokusnya kita kepada jam.

Intinya saat kita mules bukanlah batu yang membuat mules kita hilang namun pikiran kita sendiri yang mempercayai bahwa batu akan membuatb kita tidak mules lagi. Bisa jadi bukan hanya batu yang dapat menghilangkan mules mungkin pulpen saat pelajaran pelajaran berlangsung, tergantung otak kita saja apakah kita akan mempercayai jika pulpen bisa membuat kita tidak mules. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: tribunnews.com

Penulis merupakan siswa kelas XII PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post