Asah Keterampilan Santri di Bidang Desain Grafis melalui Workshop Bersama Ilustrator Radar Jember

Upaya Jawab Kebutuhan Santri di Era Digital, Kuasai Potensi Desain dan Perluas Jaringan

Pesantren Nuris – Pesantren Nuris Jember betul-betul memperhatikan bakat dan minat santrinya. Tak tanggung-tanggung, demi mengasah kreativitas santri bidang desain grafis Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, selenggarakan workshop desain grafis dengan mendatangkan pemateri dari Radar Jember yakni, Erfan Evendy.[08/10/2020]

Dengan memanfaatkan sarana laboratorium komputer yang terdapat di gedung SMA Nuris Jember, workshop desain grafis tersebur berlangsung pada hari Kamis, 08 Oktober 2020 kemarin. Adapun peserta pelatihan ini adalah santri yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler desain grafis Nuris yang dikelola oleh Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam jember.

Mila Karmila, selaku koordinator penyelenggaraan agenda workshop desain grafis ini mengatakan, “Ini menjadi salah satu program kami di Penjamin Mutu Siswa dalam meningkatkan potensi dan keterampilan siswa khusus di bidang desain grafis. Kita melihat tantangan dan peluang bahwa kemampuan santri bidang desain grafis ini sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang.”

(baca juga: Juara 1 Poster Nasional di UGM Yogyakarta, Terinsprasi dari Kperihatinan Remaja dari Bahaya Narkoba)

Dia juga menambahkan, “Santri tidak hanya dibekali materi dan teori, tetapi juga harus mampu menjawab tantangan global melalui potensi keterampilan desain poster. Barangkali ke depan mereka bisa mnejadi seorang illustrator, lay outer, editor infografis, komikus digital, atau kreator konten. Jadi ilmu yang telah mereka kuasai dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan milenial ini.”

Pelaksanaan workshop bertajuk “Menjadi Santri Kreatif di Era Digital” ini dilaksanakan sejak pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB.  Materi dasar yang disampaikan oleh illustrator Radar Jember yang berkantor di Temprina Jember ini berupa pengenalan software desain seperti coreldraw, photoshop, adobe pagemaker, illustrator dll. Kemudian mereka langsung mempraktikkan pengetahuannya dengan desain foto prestasi dan membuat pilihan diksinya.

Bima Putra Aditya, siswa kelas XI Axioo SMK Nuris Jember yang merupakan salah satu peserta workshop tersebut turut berkomentar, “Senang sekali ada pelatihan desain seperti ini sehingga kami mendapat tambahan pengalaman soal desain. Di SMK sudah ada pelajarannya waktu kelas X, di ekskul sudah dibina soal desain, dan tambahan melalui workshop ini juga semakin meningkatkan pengalaman kami bersama ahlinya.”[AF.Red]

Related Post