Angkat Sosok KH. Hasyim Asy’ari, Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara History Poster Competition di Universitas Negeri Yogyakarta

Tanamkan Jiwa Patriotis dan Nasionalisme melalui Peristiwa Resolusi Jihad pada Bulan Oktober

Pesantren Nuris – Kabar membanggakan datang dari siswa MA Unggulan Nuris. Pasalnya, dia sukses menyumbang satu piala tingkat Jawa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada ajang History Poster Competition yang diumumkan secara virtual pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 kemarin.

Nashru Dhiya Al Haromain, siswa kelas XII PK 1 MA Unggulan Nuris tersebut mampu menyisihkan ratusan peserta yang turut serta mengikuti ajang bergengsi ini. Lomba desain poster sejarah yang dilaksanakan oleah Fakultas Ilmu Sosial kampus UNY ini dilaksanakan dalam dua babak yakni, babak penyisihan dan babak final.

Pada babak penyisihan, seluruh peserta lomba harus mengunggah karya poster sejarahnya di akun instagram dengan ketetentuan mention @HistoryCompetition_UNY dan memberi tagar #historycompetitian2020 dan hastag akun insatgram panitia penyelenggara pula.

(baca juga: Borong Juara OBI Tingkat Jawa Timur dan Bali, Siswa MA Unggulan Nuris emang Jempolan)

Sementara itu, pada babak final para peserta yang terjaring harus mempresentasikan karya posternya melalui media zoom. Ada enam peserta terbaik yang layak untuk mempresentasikan poster sejarahnya di hadapan tiga dewan juri yang berasal dari dosen dan praktisi grafis di kampus UNY.

“Awalnya merasa agak ribet ya, lombanya harus mengunggah poster di akun instagram pribadi. Kan tau sendiri saya sebagai santri di Pesantren Nuris Jember ada batasan dalam menggunakan internet, apalagi bawa alat elektronik juga dilarang. Tapi saya tak patah semangat, dengan bantuan guru pendamping yang ada, saya sangat terbantukan hingga masuk babak final.” Tutur Nashru, sapaan akrab remaja ini.

“Untuk ide pembuatan posternya saya mengangkat sosok KH. Hasyim Asy’ari selaku pendiri Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pencetus resolusi jihad dalam mempertahan kemerdekaan Indonesia. Bagi saya sebagi santri ada motivasi tersendiri dalam sosok beliau yang juga santri. Alhamdulillah, saya bisa masuk babak final untuk mempresentasikannya.” Imbuhnya.

Sempat merasa grogi dan tak terbiasa presentasi melalui media zoom cukup membuat remaja asal Kelurahan Antirogo, Sumbersari, Jember ini kagok di hadapan Juri. Hingga akhirnya, dia harus puas sebagai peraih juara harapan 3 di ajang tersebut.

“Apa pun hasilnya saya bersyukur sebab ini lomba pertama kalinya yang saya ikuti selama berada di MA Unggulan Nuris. Masuk babak final dan presentasi melalui media zoom juga tak mudah, saya tetap puas dengan capaian saya ini. semoga di ajang lainnya bisa lebih meningkat lagi prestasinya.” Tutur Nashru.

Peraih juara History Poster Competition 2020 yakni, Yehezkiel T. dari SMAN 1 Situbondo sebagai juara 1, Ridho Alpian dari SMAN 4 Probolinggo sebagai juara 2, Diva Valentina dari SMA Regina Pacis sebagai juara 3, Rahma Jehan dari SMAN 1 Jepara sebagai harapan 1, Didan Mevlana dari SMKN 3 Kasihan sebagai harapan 2.[AF.Red]

Related Post