Apakah Bersiwak Kesunnahan Nabi?

Penulis: Dimas Ainul Fikri*

Sebuah hadis menyebutkan, “Ada empat hal yang termasuk dari sunah rasul, yakni memakai minyak wangi, menikah, bersiwak, dan malu.” (HR Ahmad).

Seperti hal di atas Salah satu kesunahan nabi adalah bersiwak ,apakah kalian mengerti apa itu siwak?  berikut ini adalah penjelasannya.

Siwak merupakan ranting pohon yang digunakan seperti menggunakan sikat gigi, secara ilmiah siwak adalah SALVADORA PERSICA, orang arab biasanya menyebutnya dengan pohon arak, pohon tersebut biasanya tumbuh di daerah kekeringan seperti Afrika Asia barat dan Timur tengah.

(Baca juga: manfaat daun sirih yang jarang diketahui)

Di dalam serat siwak ini mengandung macam macam zat yang bermanfaat salah satunya adalah fluoride, fluoride adalah jenis zat besi yang terdapat pada gigi dan tulang yang berfungsi untuk  menjaga kesehatan gigi dari kuman kuman.

Berikut ini adalah beberapa manfat  siwak

Pertama, mencegah gigi dari kerusakan

Kerusakan gigi terjadi ketika enamel gigi atau lapisan luar  mengalami kerusakan. Ini terjadi biasanya karena bakteri yang ada di rongga mulut menggunakan pati dan gula yang ada dalam makanan untuk menghasilkan asam yang menghilangkan enamel.

Kedua, mencegah bau mulut

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, tapi juga bisa terjadi akibat berbagai penyakit. Bau mulut yang disebabkan oleh penyakit umumnya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebabnya dan organ mana yang mengalami gangguan, bau mulut juga dapat membuat gigi rusak dan berlubang.

(Baca juga: manfaat daun kemangi)

Ketiga, menyegarkan mulut

Manfaat lain menggunakan siwak adalah rasa dan aroma menyegarkan dari rongga mulut. karena ada senyawa aromatik pada siwak yang mudah menguap secara alami. Setelah bersiwak, pasti ada perasaan bersih dan napas segar seperti menggunakan obat kumur.

Keempat, tepat atau efektif

Menggunakan siwak sama juga seperti menggunakan sikat gigi, obat kumur. Bersiwak lebih efektif dari sikat gigi dan obat kumur, selain dari harganya yang murah bersiwak juga medah untuk digunakan.

Bersiwak sering digunakan oleh bangsa arab dan kaum muslimin, selain dari itu bersiwak merupakan kesunnahan nabi dengan hal ini bersiwalk juga sering kita temui di kalangan pesantren atau digunakan oleh santri, karena seorang santri biasanya menggunakan siwak untuk mempermudah hafalannya dan digunakan untuk sebelum sholat sebagaimana ulama menyebut dalam hadits nya.

 رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ فِيهِمَا أَفْضَلُ مِنْ سَبْعِينَ رَكْعَةً بِغَيْرِ سِوَاكٍ
“dua rakaat sholat dengan bersiwak sebelumnya lebih utama dibandingkan tujuh puluh rokaat tanpa bersiwak sebelumnya”. (HR. Imam suyuti)

Dari sini kita dapan menyimpulkan bahwa bersiwak sama dengan halnya sikat gigi akan tetapi lebih afdhal atau utama bersiwak, karena selain dapat mencegah dari penyakit bersiwak adalah kesunnahan nabi muhammad SAW.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi kita semua.

Wallahul muwaffiq ila aqwamithaaryq wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber gambar: hellosehat.com

Penulis merupakan siswa kelas XI TKJ SMK Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post