Tidak Hanya Manis, Es Tebu Juga Berkhasiat Loh!

Penulis : Aulia Nurdin Assidiqi*

Es tebu merupakan minuman dingin untuk penghilang dahaga di saat cuaca panas sangat cocok. Sehingga tak jarang penjual es tebu keliling semakin banyak di berbagai daerah. Rasanya yang sangat manis, membuat para pembeli sangat menyukai minuman tersebut.

Tebu (Saccharum Officinarum) merupakan tumbuhan khas dari daerah tropis yang biasa dibuat untuk pembuatan gula. Selain bisa dibuat gula, tebu yang matang bisa dimakan langsung dengan cara menyisik kulit kerasnya, namun batang tebu yang dimakan hanya airnya saja dan membuang sepahnya. Mungkin dari tumbuhan inilah keluar pribahasa “Habis Manis Sepah Dibuang”.

Rasa tebu yang sangat manis, mengidintifikasi adanya kandungan glukosa yang tinggi. Karena itulah air tebu sangat baik bagi tubuh kita. Namun tebu masih memiliki beberapa nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita.

Berikut beberapa nutisi yang ada pada kandungan tebu, adalah karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, fosfor dan zinc. Kadar glukosa atau gula alami dalam air tebu mencapai 15 persen. Berikut beberapa manfaat yang dimiliki oleh tebu.

Pertama, sumber energi tubuh. Tebu memiliki kandungan sukrosa atau gula yang sederhana sehingga tubuh kita mudah menyerap kandungan dari tebu tersebut. Glukosa yang di kandung tebu sangat baik bagi tubuh ketimbang gula yang udah jadi. Memimun air tebu sangat berguna untuk membangkitkan energi dan semangat kita.

Kedua, mencegah dan mengatasi kanker. Air tebu juga sangat bermanfaat sebagai obat pencegah penyakit kanker, khususnya kanker prostat dan kanker payudara. Sebagian peneliti telah membuktikan bahwa tebu memiliki kandungan flavonoid yang dapan menekan pertumbuhan sel kanker.

(Baca juga: manfaat memelihara kucing)

Ketiga, melindungi fungsi hati. Mengkonsumsi air tebu secara rutin juga dapat membantu mencegah penyakit kuning (Hepatitis). Untuk hasil yang efektif, minum saja air tebu dengan sedikit dicampur oleh perasan jeruk nipis untuk menguatkan kesehatan hati.

Keempat, baik untuk penderita diabetes. Meskipun rasa air tebu manis, namun kandungan sukrosa yang ada didalam air tebu identik dengan glemik yang rendah, Sehingga bermanfaat kepada penderita penyakit diabetes. Namun agar lebih aman sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum penderita diabetes mengkonsumsinya.

Kelima, menguatkan tulang dan gigi. Air tebu memiliki kandugan fosfor yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Sehingga mengkonsumsi air tebu secara rutin dapat mencegah pengeroposan tulang dan mencegah perusakan gigi.

Keenam, membuang racun dari tubuh. Mengkonsumsi air tebu secara berkala juga dapat bermanfaat untuk membuang berbagai racun berbahaya yang masuk kedalam tubuh. Konsumsi air tebu secara teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

(Baca juga: manfaat daun kemangi)

Ketujuh, mengatasi infeksi saluran kemih. Mengkonsumsi air tebu juga dapat menyembuhkan penyakit ginjal, khususnya penyakit batu ginjal, prostatitis, dan infeksi saluran kemih. Minum jus tebu dengan air kelapa dan lemon berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Kedelapan, menyuburkan rambut. Air tebu yang kaya dengan mineral juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan permasalahan kerontokan rambut. Jika ingin memiliki rambut yang sehat dan lembut, cobalah keramas dengan menggunakan air tebu.

Kesembilan, mengatasi jerawat. Memimun air tebu secara teratur juga memberikan khasiat untuk kecantikan wajah. Kandungan alpha hidrhoxy acids (AHAs) seperti asam glikolat didalam air tebu juga dapat bermanfaat untuk mengusir jerawat. Coba gunakan masker dengan air tebu.

Kesepuluh, bersifat anti penuaan dini. Kandungan senyawa flavonoid, fenolik, dan antioksidan dalam air tebu juga berkhasiat untukl perawatan wajah. Gunakan kan saja air tebu untuk mencuci muka atau sebagai masker untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah.

Inilah beberapa manfaat yang terdapat pada kandungan air tebu yang kaya dengan glikosa asli dan mineral yang penting. Minum air tebu secara berkala dapat menguatkan kebugaran dan imunitas dalam tubuh.

Sumber gambar: merdeka.com

Penulis merupakan siswa kelas  X IPA 2 MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post