Kacang Kapri Bisa Bantu Diet? Yuk Simak Manfaat Lainnya!

Penulis: Deli Annisa Virca*

Tahukah kamu? Jenis kacang-kacangan yang satu ini? Bentuknya bulat, berwarna hijau, dan agak keras, ya kacang kapri. Kacang kapri adalah makanan sehat yang seringkali diremehkan, mungkin karena bentuknya yang kecil dan tidak terlalu meyakinkan.

Biasanya kacang kapri dapat kita temui ketika lebaran tiba, karena ia merupakan salah satu menu camilan yang harus ada di meja ruang tamu. Selain sebagai camilan kacang kapri yang  memiliki kandungan banyak nutrisi penting, seperti vitamin K, C, dan asam folat serta berbagai macam zat mineral, ternyata ia memiliki banyak manfaat loh, yuk simak ulasannya!

(Baca juga: buah mungil kaya manfaat)

Pertama, kacang kapri baik untuk kesehatan jantung. Serat dalam kacang kapri ternya dapat menyehatkan jantung dan mencegah berbagai macam penyakit jantung dan stroke. Selain itu, juga dipercaya dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Itulah sebabnya kacang kapri dianggap sebagai makanan yang baik untuk jantung.

Kedua, dapat membantu menurunkan berat badan. Kacang kapri bisa membatu menurunkan berat badan, karena ketika kita memakannya maka kita akan cepat kenyang. Sebab, kacang kapri mengandung serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Selain itu, kacang kapri juga rendah lemak dan kalori. Dengan begitu, mengonsumsi kacang kapri bisa membantu keberhasilan program diet untuk menurunkan berat badan lho.

Ketiga, meningkatkan kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk jantung dan dapat membantu diet, kacang kapri yang diperkaya vitamin C, membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk sistem kekebalan tubuh. Jika kita mengonsumsi satu porsi kacang kapri bahkan bisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin C harian kita, hebat bukan!

(Baca juga: si manis yang banyak manfaat)

Keempat, baik untuk sistem pencernaan. Kacang kapri juga mengandung serat yang cukup tinggi, maka dari itu tidak heran jika kacang kapri dipercaya dalam menyehatkan sistem pencernaan. Sebab, serat bisa melunakkan tekstur feses, sehingga buang air besar pun jadi lancar.

Kelima, dapat mencegah kanker. Wah ternyata kacang kecil ini juga dapat mencegah kanker loh. Jangan salah, kandungan antioksidan kacang kapri membuatnya menjadi sayuran super yang dipercaya bisa mencegah kanker.Terlebih lagi, kacang kapri dilengkapi dengan saponin, yaitu komponen tumbuhan yang dipercaya memiliki efek antikanker. Beberapa studi telah membuktikan kemampuan saponin dalam mencegah pertumbuhan kanker dan tumor. Tertarik untuk mengkonsumsinya? Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: sehatq.com

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post