Tips Agar Wangi Parfummu Tahan Lama

Penulis: Sheilla Ramadhania Aulia Putri*

Semua orang pasti menyukai jika tubuhnya wangi sepanjang hari. Mulai dari memakai parfum yang bagus hingga mencampurkannya dengan lotion. Tapi, pernah tidak wangi parfum itu hilang tidak sampai sejam kemudian? Tahukan pasal beberapa cara yang dapat membuat bau parfum yang tahan lama? Begininih ulasannya.

Pertama, menyemprotkan Pada Titik-Titik Nadi

Agar parfum bertahan lama, kita perlu menyemprotkannya di titik nadi. Bagian kulit tersebut cenderung menghasilkan panas lebih tinggi yang otomatis akan menyebarkan aroma parfum ke seluruh tubuh. Contoh titik-titik nadi di antaranya adalah pergelangan tangan, belakang telinga, diantara payudara, di dalam siku, leher, di bawah ulu hati, serta belakang lutut.

(Baca juga: tips cegah komedo di wajah)

Kedua, beri Jarak Saat Penyemprotan

Menyemprot parfum dari jarak cukup dekat akan mengurangi jangkauan dari percikan parfum tersebut. Cara memakai parfum yang benar adalah dengan memberi jarak yang tak terlalu dekat namun juga tak terlalu jauh agar parfum tak terbuang sia-sia. Jarak paling efisien adalah 15-20 cm.

Ketiga, jangan menyemprot Pada Pakaian

Sebenarnya tak ada masalah saat menyemprotkan pada pakaian. Serat kainnya malah memiliki daya ikat kuat pada aroma yang terpancar. Namun hal ini tentunya akan mengakibatkan parfum kamu bercampur dengan bau keringat, sehingga akan menghasilkan aroma yang aneh karena banyak orang malah menyemprotkan patfumnya pada daerah yang sering berkeringat seperti daerah ketiak.

(Baca juga: tips merawat wajah secara alami)

Keempat, perhatikan Tempat Menyimpan Parfum

Molekul-molekul kasat mata penghasil aroma wangi dalam parfum bisa saja menguap dan hilang ketika ditaruh di tempat yang secara langsung terkena sinar matahari atau benda berbau tajam.Jangan pula menyimpan pafrum di kamar mandi. ya… Meski kamar mandi terbilang sebagai tempat yang baik untuk menyimpan wewangian, sayangnya panas, cahaya, dan kelembaban di dalam kamar mandi akan merusak parfum, mengurangi kualitas dan intensitas wanginya. Sebagai gantinya, simpan parfum di tempat kering seperti lemari pakaian atau depan meja rias yang sejuk. Jauhkan juga dari benda-benda yang biasanya dapat memancarkan panas secara tidak langsung seperti meja yang terdapat gunting ataupun pisau.

Kelima, pakai Body Lotion yang netral

Kulit yang memiliki kelembapan baik akan membuat aroma parfum lebih tahan lama.  Cara ini juga akan menahan aroma pada kulit lebih lama daripada menyemprotkannya ke kulit kering tanpa losion. Namun pilihlah aroma yang tidak terlalu menyengat. Netral-etral saja. Tujuannya agar baunya tidak percampur dengan aroma parfum sehingga menimbulkan wangi baru yang tercium aneh.

Keenam, perhatikan jenis parfumnya

Parfum dengan jenis body sray,  Eau Fraiche, ataupun Eau de Cologne memiliki konsentrasi aroma yang tidak terlalu pekat. ketahanannya pun hanya bisa mencapai 2 sampai 3 jam. pilihlah jenis seperti Eau de Parfum ataupun Fragrance Oil. Bisa juga jenis Eau De Toilette. parfum-parfum ini biasanya bertahan lebih dari lima jam.

Nah itu tadi beberapa tips bagaimana cara memakai parfum yang benar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat sehingga dapat memberikan hasil parfum yang tahan lama.

Sumber gambar: lifestyle.kompas.com

Penulis merupakan siswa kelas X IPA 1 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post