Rancang Game Lingkungan Edukatif, Siswa SMP Nuris Jember Juara 2 LKTI di Universitas Negeri Yogyakarta

Wujudkan Kepedulian Lingkungan dengan Ide Sains Kreatif, Tiga Pelajar ini Tulis Karya Ilmiah dan Juara Tingkat Jawa

Pesantren Nuris – Prestasi  SMP Nuris Jember tak kalah mentereng dengan lembaga pendidikan formal lainnya. Baru-baru ini siswa-siswanya mampu membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dan meraih juara 2 lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat SMP/MTs sederajat se-Jawa di Universitas Negeri Yogyakarta.

Siswa-siswa jenius tersebut adalah Ega Maulana Fadhila (VIII G), Ahmat Nurohman Fais (VIII G), dan M. Rahmatan Lil Alamin (VII G). Mereka mampu menaklukkan puluhan peserta lainnya di ajang Natural Science Education Fair atau lebih dikenal dengan NASA Fair LKTI 2020 yang diselenggarakan secara virtual sejak bulan Juni hingga bulan November 2020 kemarin.

Jangka waktu perlombaan karya ilmiah ini terbilang panjang yang sejatinya dibuka sejak bulan Juni 2020. Rinciannya yakni, jadwal pendaftaran dan pengumpulan gelombang pertama 8 Juni s.d 30 Agustus 2020, dan gelombang kedua digeber mulai 1 September s.d 15 Oktober 2020.

(baca juga: Juara 2 Lomba Cerpen Santri, Siswa SMP Nuris Jember Catat Prestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur)

Tema NASA Fair LKTI 2020 untuk tingkat SMP/MTs sederajat ini adalah Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Berbasis Sains untuk Mewujudkan Sustainable Develovement Goals (SDG’s) di Indonesia. Sementara itu, tim LKTI SMP Nuris Jember menggagas karya ilmiah berjudul “Perancangan Game Great Forest untuk Edukasi Flora Fauna Mangrove”.

“Untuk menyelesaikan karya ilmiah ini tak mudah sehingga kami pun ikut mendaftar pada gelombang kedua. Selain menulis karya ilmiah, kami betul-betul harus riset meski sederhana dan membuat prototype game yang kami gagas. Tentu ini dengan bantuan guru pembina kami di ekstrakurikuler karya ilmiah di sekolah kami.” tutur Ega, selaku ketua tim tersebut.

“Berangkat dari keprihatinan kami kepada kondisi pelajar yang kurang menyadari pentingnya mangrove dan segala biotanya sehingga ide ini lahir. Alhamdulillah, karya ilmiah kami diumumkan sebagai finalis pada tanggal 6 November 2020 lalu. Senang sekali, dan kami langsung bergegas untuk mempersiapkan diri untuk maju ke babak final dan presentasi.” Imbuhnya.

(link youtube panitia: https://www.youtube.com/watch?v=1jO-kdr5FTs)

Tepat pada tanggal 20 November 2020, melalui kanal Youtube HIMA IPA UNY Official, pengumuman para juara NASA Fair LKTI 2020 diluncurkan. Peraih juara 3 dari SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro; peraih juara 2 adalah SMP Nuris Jember, dan peraih juara 1 dari SMPN 5 Boyolali.

Gus Rahmatullah Rijal, selaku kepala SMP Nuris Jember turut mengapresiasi prestasi anak didiknya. “Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada ketiga anak didik kami yang berprestasi ini. Apalagi lomba karya tulis ilmiah yang terbilang istimewa, ini juga membuktikan bahwa santri juga mahir di bidang sains dan karya ilmiah. Semoga berkah terus menggagas ide sains yang kreatif dan bermanfaat.”[AF.Red] 

pamflet pengumuman juara LKTI NASA Fair 2020 di UNY

     

Related Post