Manfaatkan Limbah Batang Tembakau jadi Sumber Energi Ramah Lingkungan, Tim LKTI SMA Nuris Jember Juara 1 Nasional di UNPAD

Raih Predikat Presentator Terbaik dan Juara 1 LKTI Nasional, SMA Nuris Jember Tambah Koleksi Juara Nasional

Pesantren Nuris – SMA Nuris Jember semakin berjaya dan menunjukkan prestasi gemilang di bidang karya tulis ilmiah tingkat nasional. Tepat pada tanggal 26 November 2020 pekan lalu, tiga siswa jeniusnya mampu menorehkan juara 1 di ajang FUTURA 2020 National Scientific Paper and Essay Competition di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, Jawa Barat.

Tak hanya sebagai juara 1, tim LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) SMA Nuris Jember juga meraih predikat presentator terbaik di ajang bergengsi tersebut. Mereka adalah Tegar Ramadani (XII IPA 1), M. Nidhor Fairuza (XI IPA 1), dan Alya Nur Karimah (X IPA 1).

Dengan menggagas pemanfaatan limbah batang tembakau dan daun buah nanas, Tegar dkk. mampu berinovasi membuat sumber energi ramah lingkungan. Keberadaan sumber energi fosil yang semakin hari semakin berkurang karena termasuk sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui, akhirnya siswa SMA Nuris Jember turut serta menuangkan ide kreatif tentang sumber energi tersebut.

“Ini bentuk keperihatinan kami dengan kondisi energi global, khususnya di Indonesia yang disebutkan oleh Kementerian ESDM bahwa sumber energi minyak bumi diperkirakan hanya mampu diolah sampai 12 tahun ke depan. Nah, kondisi ini kita butuh inovasi sumber energi yang sekiranya dapat dibuat dan juga ramah lingkungan seperti memanfaatkan kandungan etanol pada limbah pertanian.” Ujar Tegar.

(baca juga: Juara 3 Fotografi Tingkat Internasional, Siswa SMA Nuris Jember ini Bikin Sejarah Baru)

“Selama ini kan tembakau bagi sebagian orang hanya diproduksi daunnya sebagai rokok, ternyata batangnya juga sangat bermanfaat untuk hal yang lebih bernilai yakni, sumber energi pengganti fosil. Kandungan etanolnya mencapai 40% lebih itu bila dicampur dengan etanol pada daun nanas yang mencapai lebih dari 60% akan menghasilkan etanol yang lebih baik dan sempurna untuk bahan bakar.”

Bahkan dari hasil eksperimen yang diuji coba di laboratorium IPA di SMA Nuris Jember, Tegar, remaja cerdas asal Kecamatan Silo, Kabupaten Jember ini, menemukan hasil campuran etanol dari batang tembakau dan daun nanas ini mencapai efektivitas waktu pembakaran sekitar 27,1 menit. Kandungan etanol keduanya mencapai 81% dengan pembakaran yang tidak menimbulkan asap hitam.

Dari penelitian tersebut, Tegar dkk. menuliskan gagasannya berujudul “Anaconatobio: Studi Eksperimental Penambahan Batang Tembakau pada Bioetanol Daun Nanas terhadap Peningkatan Kadar Etanol” dan dilombakan di ajang FUTURA 2020 tersebut. Perlombaan LKTI ini bertema “Mengupas Realita Wajah Dunia Teknologi Indonesia di Tengah Pandemi sebagai Persiapan Menghadapi Masa Depan” dibagi dalam 7 subtema.

(baca juga: Akidah Masyitah, Puisi Juara 1 Nasional Karya Siswa SMA Nuris Jember di Ajang ISEF UNAIR Surabaya)

Adapun subtema LKTI tersebut adalah energi terbarukan, industri, telekomunikasi, biomedis, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Ketiga siswa SMA Nuris Jember memilih subtema yang pertama yakni, energi terbarukan sebab ide inovasi ini sudah beberapa kali diuji coba di laboratorium IPA dan dengan harapan berdampak pada pengelolaan sumber energi ini benar-benar dapat ditindakalnjuti.

“Kami bersyukur bisa meraih juara 1, tetapi bukan soal itu saja, kami juga berharap ide ini tidak menguap begitu saja, tetapi benar-benar didukung untuk dikembangkan. Saya juga berterima kasih kepada manajemen ekstrakurikuler sains yang tekah mendukung inovasi siswa hingga bisa sejauh ini mengikuti kompetisi. Semoga terus berjaya.” Imbuh Tegar.[AF.Red]

pamflet pengumuman juara FUTURA 2020 UNPAD
pamflet juara presentator terbaik FUTURA 2020 UNPAD
Related Post